Harus Tahu! Simak Pengertian KUR, Tujuan dan Syarat Pengajuan

Pengertian KUR adalah sebuah program pembiayaan pinjaman modal kerja yang dikeluarkan bank untuk membantu biaya pengembangan usaha yang sedang dijalankan. Kredit Usaha Rakyat atau KUR merupakan sebuah layanan pembiayaan usaha yang diberikan pemerintah melalui perbankan. Pembiayaan dana KUR ini biasanya dipinjamkan kepada para pengusaha mikro kecil, menengah dan koperasi.

KUR menyediakan pinjaman dalam berbagai macam bentuk usaha produktif yaitu perindustrian, perikanan, pertanian hingga usaha simpan pinjam (koperasi). Dengan diberikannya pinjaman ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk mengembangkan bisnisnya. Agar lebih tahu detailnya tentang KUR, sebaiknya simak beberapa penjelasan mengenai KUR di bawah ini.

Simak Pengertian KUR yang Harus Anda Ketahui

Memiliki usaha sendiri merupakan suatu impian bagi banyak orang. Terutama mereka yang sudah memiliki niat serius untuk membangun usaha. Namun, ada beberapa orang yang keterbatasan akan biaya untuk menjalankan bisnisnya.

Nah, dengan adanya dana KUR atau kredit usaha rakyat, mereka yang memiliki rencana untuk membangun usaha tentunya dapat segera dijalankan. Karena pihak bank akan memberikan bantuan pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan bunga yang dikeluarkan oleh dana KUR juga tidak terlalu besar. Pemerintah sangat mendukung rakyat untuk mengembangkan usahanya.

Maka dari itu, Bank Rakyat Indonesia memberikan sebuah solusi kepada para pebisnis UMKM untuk mengembangkan bisnisnya dengan memberikan sebuah pinjaman Kredit Usaha Rakyat atau sering dikenal dengan sebutan KUR.

Dengan berkembangnya usaha yang dijalankan oleh masyarakat, dapat membantu perkembangan perekonomian negara semakin stabil, terutama dalam pembukaan lapangan pekerjaan. Ada beberapa tujuan yang diharapkan dengan tersedianya dana pinjaman ini, sebagai berikut

Inilah Beberapa Tujuan Adanya Program KUR

Tujuan diadakannya program KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah agar mempercepat perkembangan sektor ekonomi pemberdayaan usaha skala kecil agar lebih berkembang. Dengan adanya pembiayaan dalam usaha rakyat diharapkan supaya dapat mengurangi tingkat kemiskinan dan memperluas lapangan kerja.

BACA JUGA KAWAN »  Saham Dengan Dividen Terbesar yang Bisa Menjadi Pertimbangan

Pada umumnya pengertian KUR merupakan modal atau kredit investasi yang disediakan secara khusus dalam pengembangan usaha produktif melalui penjaminan hutang atau kredit. Namun, bunga yang diberikan pun juga tidak terlalu besar, hanya beberapa persen saja. Pengembangan dan pemberdayaan yang dimaksud adalah:

  • Pengembangan dalam kewirausahaan
  • Peningkatan sumber pembiayaan
  • Meningkatkan pasar UMKM
  • Agar dapat mengurangi tingkat kemiskinan

Lalu Bagaimana Cara Mengajukan Pinjaman? Apa Saja Syaratnya?

Cara pengajuan pinjaman dana KUR dapat dilakukan melalui platform yang sudah disediakan oleh pihak bank. Proses pendaftaran bisa dilakukan melalui online di website yang sudah disediakan. Jika sudah memasuki websitenya silahkan pilih pinjaman e-commerce.

Setelah itu Anda tinggal pilih daftar atau login terlebih dahulu untuk membuat akun di halaman tersebut. Jika sudah memiliki akun Anda hanya tinggal lanjut dalam mengikuti prosedur pengajuan KUR. Adapun syarat yang diberikan saat pengajuan yaitu:

  • Calon peminjam atau kreditur harus memiliki usaha yang telah berjalan minimal kurang lebih 6 bulan. Selain itu usaha mereka juga harus dijalankan di salah satu platform e-commerce. Beberapa e-commerce yang dimaksud diantaranya seperti usaha di Shopee, Tokopedia dan platform penjualan online lainnya juga yang berjalan pada rid healing seperti Gojek atau Grab.
  • Syarat berikutnya adalah calon kreditur atau calon peminjam tidak sedang menerima kredit atau sedang dalam masa mengangsur kredit di bank lain. Hal ini berupaya agar para kreditur dapat membayar angsuran secara tepat waktu dan tidak ada tunggakan.

Sebagai syarat pendukung administrasi, ada beberapa yang harus disiapkan seperti KTP, kartu keluarga, dan surat izin usaha. Surat izin usaha ini bisa berupa surat keterangan yang dikeluarkan oleh usaha yang bergerak di bidang e-commerce atau ride hailing.

BACA JUGA KAWAN »  Ide Bisnis Jajanan Kering, Lezat dan Banyak Peminat

Itulah beberapa pengertian KUR, cara, serta syarat dalam pengajuan pinjaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.