Dividend Payout Ratio, Pengertian, Manfaat, dan Perannya (moneycrashers.com)
Dividend Payout Ratio, Pengertian, Manfaat, dan Perannya (moneycrashers.com)

Dividend Payout Ratio: Pengertian, Manfaat, dan Perannya

Jika kita berbicara soal investasi, pastinya akan menemukan istilah Dividend Payout Ratio atau DPR. Bagi seorang investor, hal ini sangatlah penting.

Pasalnya, dengan menghitung dan memastikan nilai DPR, kita dapat mengetahui apakah perusahaan tersebut layak atau tidak. Terutama seberapa besar keuntungan yang bisa kita dapatkan dari perusahaan tersebut.

Ketika kita berinvestasi, terutama investasi saham, sebagai investor harus mengenal dua istilah penting. Dengan kata lain, dua istilah ini adalah bentuk keuntungan yang bisa kita dapatkan.

Pertama, adalah capital gain dan kedua adalah dividen. Apa perbedaan dari keduanya?

Investor, akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga saham, yang kita sebut sebagai capital gain. Sedangkan, dividen merupakan keuntungan yang didapatkan investor hasil dari pembagian laba, dan ini dilakukan oleh pihak perusahaan.

Pentingnya Melihat Dividend Payout Ratio (DPR) Perusahaan Sebelum Berinvestasi

Berinvestasi, memang bukanlah hal yang mudah untuk kita lakukan. Terutama bagi seorang pemula yang baru saja belajar berinvestasi.

Jangan khawatir, dengan melihat DPR ini, kita dapat mengambil keputusan yang tepat. Penting untuk selalu kita ingat, nilai DPR yang rendah pada perusahaan cenderung menjadi pilihan bagi para investor untuk berinvestasi.

Apalagi investasi yang dilakukan dalam waktu yang lama atau jangka panjang. Begitu pula sebaliknya, jika ingin berinvestasi untuk jangka pendek, maka pilihlah perusahaan dengan nilai DPR yang tinggi.

Strategi ini akan membantu kita untuk mendapatkan keuntungan dalam porsi besar. Dengan begitu, kita dapat sekaligus meminimalisir terjadinya kerugian.

Manfaat Dividend Payout Ratio (DPR)

Setiap perusahaan harus bisa menerapkan serta memperhitungkan kebijakan dividen. Hal ini adalah upaya untuk mendapatkan nilai DPR.

Sehingga, manfaat DPR dapat dirasakan oleh semua pihak, baik perusahaan maupun pemegang saham. Berikut ini adalah manfaat-manfaatnya.

Baca Juga  Cara Beli Saham BCA dengan Mudah Secara Online maupun Offline

Pihak Perusahaan

Dengan DPR ini perusahaan dapat dengan mudah untuk mendapatkan informasi mengenai persentase rasio pembayaran dividen. Informasi ini yang nantinya akan digunakan sebagai pertimbangan perusahaan.

Terutama dalam menetapkan nilai keuntungan maupun sumber pendanaan. Sehingga, kegiatan operasional perusahaan akan mendapatkan dukungan dan kondisi bisnis pun turut berkembang.

Pihak Pemegang Saham

Bagi pemegang saham, dividend payout ratio dapat memberikan informasi tentang persentase pembayaran dividen. Hal ini dapat digunakan oleh pemegang saham sebagai bahan pertimbangan maupun mengambil keputusan ketika berinvestasi.

Mengingat tujuan pemegang saham ini adalah mencapai keuntungan nilai investasi yang sebesar-besarnya, maka akan mempertimbangkan dengan tepat apakah perlu dilakukan penambahan dana investasi atau tidak.

Faktor yang Mempengaruhi Besar Kecilnya Nilai DPR

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya nilai DPR. Hal ini dapat kita lihat dari dua aspek penting. Pertama, kondisi likuiditas perusahaan, dan yang kedua adalah rencana ekspansi perusahaan.

Kondisi Likuiditas Perusahaan

Perusahaan mempunyai cadangan kas yang banyak atau tidak, perlu untuk kita pertanyakan.

Pasalnya, jika kas perusahaan dalam kondisi likuid atau melimpah, sudah dapat dipastikan manajemen tidak akan ragu dalam membagikan dividen. Apalagi dalam jumlah yang besar sekalipun.

Rencana Ekspansi Perusahaan

Apabila sebuah perusahaan mempunyai rencana belanja modal ataupun ekspansi yang memerlukan pendanaan dalam jumlah besar, manajemen akan mengurangi porsi dividen. Hal ini dapat dilakukan dengan mementingkan belanja modal saja.

Sebenarnya, tidak hanya dua faktor ini yang mempengaruhi DPR. Masih ada faktor lainnya seperti leverage, profitabilitas, firm size dan pertumbuhan perusahaan atau growth.

Demikianlah informasi mengenai dividend payout ratio atau DPR, mulai dari pengertian, manfaat, hingga faktor yang mempengaruhinya. Selalu perhatikan DPR sebelum berinvestasi, karena nilai DPR dapat memaksimalkan saham!

Baca Juga  5 Tips Menggunakan Strategi Saham Dividen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *