Daftar Saham Syariah Terbaik, yang Perlu Pemula Kenali (wealthface.com)
Daftar Saham Syariah Terbaik, yang Perlu Pemula Kenali (wealthface.com)

Daftar Saham Syariah Terbaik, yang Perlu Pemula Kenali

Saham syariah terbaik kini mulai diincar oleh para investor, terutama bagi seorang muslim. Maraknya saham yang berbau riba dan dilarang MUI menjadikan seorang muslim enggan ikut campur dalam urusan yang haram. Oleh karena itu, kehadiran saham syariah ini merupakan salah satu permata bagi penganut muslim di Indonesia.

Melakukan investasi tentu merupakan suatu hal yang diperbolehkan selama tidak melanggar beberapa ketentuan syariat Islam. Karena hal ini termasuk dalam hal yang positif, bahkan bisa menjadi bentuk dari usaha atau ikhtiar untuk mencari rezeki dari Allah Subhanahu wata’ala.

Berikut Daftar Rekomendasi  Saham Syariah Terbaik, Pemula Wajib Mampir

Secara pengertian, saham syariah merupakan salah satu efek yang berbentuk saham di pasar modal. Kemudian, saham tersebut berpegangan pada prinsip syariah Islam dan tidak membelakangi jaran agama Islam.

Kemudian bisa juga didefinisikan bahwa saham syariah terbaik merupakan salah satu alat untuk berinvestasi. Namun dengan ketentuan taat pada syariat dan tidak bertolak belakang dengan aturan Allah SWT.

Masyarakat Indonesia yang penduduknya sebagian besar merupakan seorang muslim, berkeinginan kuat untuk memiliki saham yang sesuai syariat.

Hal ini terbukti dengan perkembangan saham syariah di indonesia yang tergolong sangat cepat dan signifikan. Selain itu meningkatnya indeks saham syariah pada bursa efek Indonesia menjadi bukti penguat perkembangannya di Indonesia.

Berikut adalah saham syariah yang terdaftar dalam beberapa indeks dan bisa menjadi rekomendasi untuk Anda.

ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia)

Indeks Saham Syariah Indonesia adalah salah satu indek komposit saham syariah terbaik yang berdiri pada 12 Mei 2011 dan kapitalisasinya telah mencapai 2,92 triliun rupiah. Selain itu ISSI juga merupakan sebuah indikator kinerja pasar saham syariah Indonesia. Kemudian anggota dari Indeks ini terdiri dari semua saham syariah yang terdata di bursa dan selanjutnya akan masuk ke dalam Daftar Efek Syariah (DES). Indeks tersebut akan diterbitkan oleh instansi terkait (OJK). Oleh karena itu, BEI tidak akan memfilter saham syariah yang masuk ke dalam Indeks ini

Baca Juga  Beberapa Contoh Pasar Modal, Dalam dan Luar Negeri

Anggota indeks ini akan dipilih ulang setahun dua kali, yaitu pada saat bulan Mei dan November, berdasarkan jadwal dari DES. Oleh karena itu, setiap masa pemilihan, selalu ada saham syariah yang keluar atau masuk untuk menjadi anggota indeks ISSI. Kemudian cara perhitungan Indeks syariah ini berdasarkan cara perhitungan indeks saham BEI lainnya.

Jakarta Islamic Indeks (JII)

Saham syariah terbaik ini meluncur pada 3 Juli 2000, saat ini anggota JII sudah terdiri dari 30 saham syariah paling menghasilkan yang tercatat di Bursa efek Indonesia. Sama halnya dengan indeks sebelumnya (ISSI), review saham syariah yang menjadi anggota JII dilakukan setahun sebanyak dua kali, yaitu pada bulan Mei dan November, sesuai dengan jadwal dari DES oleh OJK.

Jakarta Islamic Indeks 70

Kemudian indeks saham yang menaungi saham syariah selanjutnya adalah Jakarta Islamic Indeks 70 atau biasa disingkat (JII70). Jakarta Islamic Index 70 (JII70 Index) merupakan indeks saham syariah yang diperkenalkan langsung oleh bursa efek Indonesia.

Lahir pada 17 mei 2018, saat ini anggota dari JII 70 sudah terdiri dari kurang lebih 70 saham syariah yang terbukti likuid oleh BEI. Sama halnya dengan dua indeks sebelumnya, review saham syariah yang menjadi anggota JII70 setahun dua kali, yaitu pada setiap bulan Mei dan November, berdasarkan jadwal review dari DES oleh OJK.

Diatas merupakan 3 indeks saham syariah terbaik yang menaungi berbagai jenis saham untuk Anda. Dengan menggunakan saham saham syariah setidaknya Anda sudah berusaha berhati hati dalam bermuamalah finansial. Semoga dalam setiap langkah syariah Anda selalu berlimpah barokah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *