6 Tips Menggunakan Strategi Saham Dividen (dividendsdiversify.com)
6 Tips Menggunakan Strategi Saham Dividen (dividendsdiversify.com)

5 Tips Menggunakan Strategi Saham Dividen

Strategi Saham dividen salah satu cara memperoleh keuntungan yang cepat, bahkan menjadi sumber income. Tidak jarang sebagian investor mengandalkan dividen saat bermain investasi saham.

Strategi saham tidaklah mudah perlu pemahaman yang baik tentang apa itu dividen. Kemudian investor penting mengenali dan memahami mengapa perusahaan membayar dividen terhadap pemegang saham.

Strategi Saham Dividen yang Penting Diketahui

Sebelum mengetahui strategi tentang saham dividen, Anda sebaiknya mengenal apa itu dividen. Dividen adalah hasil pembagian laba perusahaan terhadap para pemegang saham.

Pembagian laba terjadi setelah adanya pengurangan kebutuhan belanja modal perusahaan untuk melakukan ekspansi bertujuan perusahaan-perusahaan lebih maju.

Kemudian dividen pada perkembangannya terbagi dua jenis dividen, yaitu dividen interim. Adalah, pembagian sebagian dividen pada tahun dan kinerja yang sama.

Sedangkan dividen yang jenis kedua yaitu dividen final, yaitu sisa dividen yang akan bayarkan pada tahun berikutnya. Selain itu dalam bidang dividen ada sejumlah istilah dividen saham yang penting Anda ketahui mulai dari Cum late, Ex data, recording date, Apr hingga payment date.

Berikut adalah beberapa strategi saham dividen yang bisa Anda ketahui.

Pendekatan Buy and Hall

Cara strategi ini dengan pendekatan buy and hold. Cara tersebut yaitu membeli saat pembagian dividen saham dan menjual kembali. Metode ini menjadi langkah lain meraih dividen saham dari kejar capital gain.

Namun Anda bisa melakukan penjualan dengan cara yang berbeda, yaitu menjualnya  sesudah dividen Anda terima, dengan harga yang lebih mahal untuk memperoleh keuntungan.

Pilih Perusahaan yang Stabil

Strategi saham dividen yang bisa Anda lakukan selanjutnya dengan memilih perusahaan yang stabil. Indikator perusahaan yang sehat dan berkualitas terlihat dari memiliki merek yang kuat dan kas yang banyak. Dengan memilih perusahaan yang stabil kemungkinan strategi saham ini dapat berhasil.

BACA JUGA KAWAN »  Bingung Memilih Saham Prospektif? Stock Screener Solusi Terbaik!

Pilih yang Berkualitas

Kualitas perusahaan mampu menghasilkan dividen yang seimbang dan memperhatikan ratio dividend yield. Ciri seperti ini akan mengalami kemajuan. Hal terlihat dari dividen yang membagi konsisten setiap tahun.

Namun ada perusahaan yang membagi dividen tinggi sampai 10%. Tetapi di tahun berikutnya tidak membagi dividen sama sekali, yang pertanda perusahaan tidak berkualitas. Selain itu strategi saham dividen yang dengan memilih perusahaan growth investing.

Adanya Kenaikan Dividen

Setiap perusahaan memiliki saham dividen tingkat pertumbuhannya berbeda-beda. Jika dari deretan perusahaan tersebut terdapat kenaikan saham dividen  perlu mendapatkan perhatian.

Adanya kenaikan saham dividen ini layak menjadi alternatif pilihan investasi.

Alasannya, perusahaan seperti itu menandakan baik dan memiliki kualitas yang mampu mencetak laba secara konsisten. Kemudian model perusahaan seperti ini layak menjadi alternatif investasi untuk jangka panjang.

Rasio Dividen Payout Ratio

Strategi saham yang lain dengan memperhatikan rasio dividen payout. Setiap perusahaan dividen payout ratio berbeda-beda. Namun terkadang ada sebagian perusahaan memiliki dividen lebih tinggi 90-100%.

Rasio seperti ini menunjukkan pertumbuhannya melemah. Hal itu terjadi akibat dari sebagian laba sudah terbagi ke investor dan sisi lain perusahaan sedang ekspansi  atau pertumbuhan menarik.

Anda bisa berinvestasi dengan cara jangka  panjang 10 tahun atau selamanya. Investasi bisa berkembang atau tidak tergantung pada Anda sendiri. Inilah resikonya sebagai investor saham yang pilih jalur dividen.

Anda perlu tegas mengambil keputusan tetap pada saham yang dipilih atau mengganti saham lainnya yang mempunyai prospek yang lebih baik. Anda bisa melanjutkan ke saham yang telah ada untuk meningkatkan strategi saham ini.

Namun dengan catatan perusahaan tersebut tingkat dividen apakah meningkat atau mengalami penurunan. Hal  itu penting kalau ingin strategi saham dividen sukses.

BACA JUGA KAWAN »  Keuntungan Obligasi yang Layak Anda Pertimbangkan

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *