5 Cara Mengatasi Sinyal Hilang Telkomsel Pada HP Paling Ampuh

5 Cara Mengatasi Sinyal Hilang Telkomsel Pada HP Paling Ampuh

Sinyal menjadi salah satu hal terpenting saat menggunakan HP. Bayangkan, sinyal yang jelek ataupun hilang seketika tentunya sangat menganggu dan bisa membuat aktivitas online harus dihentikan sementara. Jika dalam keadaan mendesak seperti sedang sekolah daring atau kerja daring tentu hilangnya sinyal akan sangat menganggu aktvitas. Maka gunakan 5 cara mengatasi sinyal hilang telkomsel pada HP yang dijamin ampuh :

1. Matikan dan Hidupkan Kembali Data Seluler

Cara mengatasi sinyal hilang telkomsel yang pertama adalah dengan menghidupkan kembali data seluler HP. Cara ini dilakukan untuk refersh jaringan telkomsel pada HP. Pertama matikan dulu data sesuler pada HP, setelah dimatikan coba hidupkan lagi data seluler. Setelah refresh jaringan dilakukan biasanya jarigan telkomsel otomatis akan mencari sinyal terbaru.

Jika sudah mencoba untuk menghidupkan kembali data seluler tapi sinyal masih tetap saja hilang, pengguna bisa mencoba restart HP. Dengan melakukan restart HP maka semua sistem HP akan ter-refresh, termasuk sinyal HP, sehingga bisa mengatasi jika sinyal HP suka sering hilang.

2. Periksa Posisi Simcard pada HP

Salah satu peyebab sinyal telkomsel suka hilang adalah posisi simcard yang salah. Jika posisi simcard tidak benar, maka akan sering terjadi gangguan sinyal. Jika posisi simcard tidak tepasang dengan benar, simcard juga tidak bisa terdeteksi sehingga jaringan telkomsel tidak terpakai pada HP.

Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan memeriksa posisi simcard. Bila perlu buka kembali simcard telkomsel, setelah itu pasang kembali dengan posisi yang benar agar simcard bisa terdeteksi, Biasanya setelah memasang ulang simcard, maka secara otomatis jaringan telkomsel akan mencari sinyal terbaru.

Baca Juga  Cara Mengetahui IP Address WiFi Indihome Di Semua Perangkat

3. Refresh Jaringan Dengan Mode Pesawat

Jika sudah mencoba dua cara yang diatas tapi sinyal masih tetap saja hilang, pengguna bisa mencoba menghidupkan mode pesawat untuk sementara. Hidupkan mode pesawat selama kurang lebih 3 menit, lalu matikan dan gunakan data seluler. Cara ini bisa dilakukan untuk membuat sinyal dan jaringan HP menjadi lebih stabil.

4. Mengaktifkan Jaringan 4G

Salah satu solusi untuk mengatasi hilang sinyal adalah dengan mengubah jaringan menjadi 4G only. Jaringan 4G merupakan jaringan yang memiliki kecepetan internet yang baik, sehingga dengan mengatur jaringan 4G only bisa membuat sinyal HP menjadi lebih baik. Cara mengaktfikannya adalah dengan buka pengaturan HP, kemudian pilih connection lalu pilih mobile networks, setelah itu pilih 4G only.

5. Mengaktifkan GPRS

GPRS adalah sebuah teknologi yang bisa membuat jaringan menjadi lebih cepat. Dengan mengaktifkan GPRS ini tentu bisa mengatasi HP yang sering mengalami hilang sinyal. Pada fitur HP, tidak bisa ditemukan secara langsung pengaturan GPRS. Pengguna bisa mengaktifkan GPRS ini dengan mengatur pengaturan APN.

Cara pertama untuk mengaktifkan GPRS adalah melalui pengaturan HP. Pertama buka pengaturan HP, kemudian pilih connection lalu pilih mobile networks, kemudian buka pengaturan APN(Access Point Name). Setelah itu pilih add atau tambahkan. Isi kolom nama dengan Telkomsel, kemudian isi username dengan WAP dan isi password dengan WAP 123, untuk kolom lainnya bisa dikosongkan saja, kemudian pilih simpan.

Cara kedua untuk mengaktifkan GPRS adalah melalui SMS. Pengguna bisa mengirimkan sms ke 3636 dengan format SMS yaitu GPRS ON, maka GPRS pada HP akan langsung aktif setelah mendapatkan balasan. Ada baiknya setelah mengaktifkan GPRS, pengguna restart kembali HP.

Baca Juga  Cara Mengatasi Video yang Tidak Bisa Diputar di Google Drive Android dengan Mudah

Itulah 5 cara mengatasi sinyal hilang telkomsel pada HP yang paling ampuh. Kehilangan sinyal pada HP merupakan satu hal yang paling dihindari dan paling menyulitkan, untuk itu selain menggunakan 5 cara diatas, pastikan dulu jika pengguna sudah membeli kuota data seluler agar internet tetap bisa diakses seperti semula tanpa khawatir adanya gangguan sinyal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *