5 Cara Mengatasi Google Classroom Tidak Bisa Mengirim Tugas Ke Guru

5 Cara Mengatasi Google Classroom Tidak Bisa Mengirim Tugas Ke Guru

Google Classroom adalah platform belajar yang mulai ramai digunakan ketika virus corona mewabah. Ini membantu guru dan murid berinteraksi serta mengirimkan segala macam bentuk tugas. Terkadang, Google Classroom mengalami kendala dimana siswa kesulitan dalam men-submit tugas. Berikut ini adalah 6 cara mengatasi Google Classroom tidak bisa mengirim tugas ke guru:

1. Mulai Ulang Ponsel

Lagi dan lagi, masalah umum pada ponsel biasanya dapat diatasi dengan cara melakukan mulai ulang /restart. Memulai ulang ponsel akan menghilangkan sebagian besar masalah ini dan akan membuat ponsel dapat berfungsi lebih baik. Ketika ponsel dimulai ulang, sistem biasanya akan menutup semua aplikasi dan memberikan banyak ruang RAM. Ini berguna untuk membuat Google Classroom berjalan optimal.

2. Tunggu Beberapa Menit

Semenjak melonjaknya angka kasus pandemi covid, pemerintah memutuskan agar sekolah dijalankan secara daring. Hal ini tentu saja memberikan lonjakan pengguna yang cukup tinggi pada aplikasi pembelajaran yang digunakan seperti Google Classroom. Google bahkan mengakui bahwa perusahaan harus memperbaiki server untuk mengatasi lonjakan pengguna yang berlebihan.

Hal inilah yang mungkin menjadi penyebab mengapa siswa kesulitan mengirimkan tugas. Pasalnya, banyak pengguna yang menggunakan aplikasi ini secara bersamaan dalam jam-jam sibuk. Untuk mengatasi hal ini, pengguna bisa menunggu beberapa menit dan mengirimkan tugas pada masa-masa senggang. Pengguna bisa mengirimkan tugas di tengah hari ketika kebanyakan orang sedang beristirahat.

3. Gunakan Koneksi Internet yang Lebih Baik

Cara mengatasi Google Classroom tidak bisa mengirim tugas ke guru yang selanjutnya adalah dengan menggunakan koneksi internet yang lebih baik. Koneksi internet yang buruk dapat menjadi kendala terlebih lagi jika tugas yang dikirimkan memiliki size yang sangat besar. Untuk itu, selalu gunakan koneksi internet dengan kecepatan minimal 1 MBps.

BACA JUGA KAWAN »  Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis pada Ponsel Android

Koneksi internet pada jam-jam sibuk biasanya cenderung lemot karena banyak pengguna berada dalam bandwith yang sama dalam satu waktu. Pengguna bisa menggunakan jaringan yang lebih stabil seperti WiFi pribadi. Selain itu, pengguna juga disarankan untuk beralih ke 4G jika sebelumnya hanya menggunakan koneksi 3G. Pengguna bisa beralih ke 4G melalui pengaturan jaringan.

4. Ubah Format File

Format file yang tidak sesuai juga bisa menjadi penyebab dari tugas yang tidak bisa dikirim. Format file yang didukung oleh Classroom sebenarnya ada banyak. Namun, ada beberapa jenis format file yang terkadang mengalami error. Untuk mengatasi masalah ini, pengguna bisa mengubah format dari file yang akan dikirimkan.

Jika sebelumnya file berformat JPEG, pengguna bisa mengubahnya menjadi PDF. Selain itu, file yang besar juga bisa dikompresi agar proses pengiriman berjalan lebih cepat. Selain itu, pengguna juga bisa mengunggah file terlebih dahulu di Google Drive dan mengirimkan tautan sebagai file tugas.

5. Install Ulang Aplikasi

Aplikasi Classroom yang tidak bisa mengirimkan tugas juga bisa disebabkan karena ada beberapa kerusakan di sistem aplikasi. Pengguna bisa melakukan install ulang untuk mengatasi maslaah ini. Setelah aplikasi diinstall ulang, login kembali dengan akun Classroom dan cek apakah masalah sudah terselesaikan.

6. Gunakan Browser

Jika setelah diinstall ulang tetapi Classroom masih juga bermasalah, pengguna bisa mencoba mengirimkan tugas melalui browser. Disarankan untuk menggunakan komputer apabila memiliki akses ke komputer. Jika tidak, pengguna juga bisa menggunakan browser ponsel. Jangan lupa ubah mode browser ponsel ke mode desktop untuk pengalaman yang lebih baik.

Demikian tadi 6 cara mengatasi Google Classroom tidak bisa mengirim tugas ke guru yang bisa dicoba. Dengan semua penjelasan yang diberikan diatas, diharapkan bisa membantu para pembaca yang sekiranya mengalami masalah ini.

BACA JUGA KAWAN »  Wajib Dicoba! Inilah 6 Aplikasi untuk Mengecilkan Ukuran Video di Laptop

Pencarian Popular

cara mengirim tugas d google drive

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *