manfaat puasa rajab 1 hari

7 Manfaat Puasa Rajab 1 Hari Bagi yang Menjalankan

Berpuasa wajib yang dijalankan oleh umat muslim pada bulan Ramadhan selama satu bulan penuh. Di sisi lain, terdapat beberapa waktu puasa yang sangat dianjurkan dan memiliki balasan yang luar biasa seperti puasa rajab. Balasan yang akan diberikan kepada umat yang menjalankan puasa, salah satunya manfaat puasa rajab 1 hari ternyata juga dijanjikan balasan yang besar.

Tidak hanya satu balasan, namun berbagai keutamaan yang akan diberikan dicatat sebagai amal dan bekal ketika di akhirat nanti. Tentunya bagi umat muslim ini merupakan peluang untuk menambah pahala dan membantu ketika hari penimbangan tiba. Berikut manfaat yang didapat dari puasa rajab 1 hari:

1. Pencatatan Amal Seperti 60 Bulan

Keistimewaan puasa rajab yang besar salah satunya adalah amal yang dicatat setara dengan puasa selama 60 bulan. Hal ini sangat besar apabila dibandingkan secara langsung, bagi beberapa umat muslim mungkin tidak mampu menjalankannya langsung. Jadi, sangat baik apabila umat muslim akan meluangkan waktu dan berniat untuk menjalankan puasa rajab meskipun hanya satu hari.

2. Adanya Penghapusan Dosa Selama 1 Tahun

Setiap orang pasti memiliki kesalahan atau dosa yang disengaja ataupun tidak disengaja. Mungkin para umat Islam dapat menghapus dosa dan bertaubat dari perbuatan buruk yang selama ini dilakukan dengan berpuasa pada bulan rajab. Hal ini merupakan ringkasan isi dari hadits riwayat Al Khilal yang diriwayatkan Ikrimah dari Ibnu Abbas.

3. Pahala Setara dengan Puasa Satu Bulan

Setiap perlakuan baik atau buruk pasti memiliki ganjarannya masing-masing yang kembali kepada diri sendiri, termasuk ketika beribadah. Memberikan waktu, tenaga, dan pikiran kepada Allah SWT melalui pelaksanaan ibadah puasa rajab maka akan diberikan balasan yang setimpal. Balasan tersebut berupa mendapatkan pahala setara dengan satu bulan full berpuasa.

BACA JUGA KAWAN »  7 Cara Menyuburkan Kandungan Menurut Islam Lebih Aman dan Halal

4. Dibukakannya Pintu Surga

Umat muslim akan diberikan manfaat puasa rajab 1 hari berupa lebih dekatnya dengan pintu surga yang diinginkan semua penganut Islam. Tidak sampai disitu, satu per satu pintu surga yang ditutup akan terbuka seiring dengan puasa rajab yang dilakukan. Jadi, jangan sampai terlewat untuk melakukan puasa Rajab, meskipun bukan salah satu kewajiban yang diperintahkan.

5. Ditutupnya Pintu Neraka

Berhubungan dengan poin sebelumnya bahwa puasa rajab yang dilakukan oleh umat muslim juga akan membantunya di hari akhir kelak. Salah satunya adalah pintu neraka yang tertutup karena amal perbuatan baik yang dilakukan semasa hidup. Pada hari akhir, fokus manusia adalah untuk menjauhi pintu neraka dan ini merupakan kesempatan yang dapat dilaksanakan di dunia.

6. Diberikan Air Surga

Menurut hadits riwayat Bukhari Muslim bahwa di surga terdapat sebuah sungai yang memiliki rasa manis seperti madu dan berwarna seputih susu. Sungai ini diberi nama rajab, oleh karena itu ketika umat muslim menjalani ibadah puasa rajab, maka akan berkesempatan mencoba air ini. Tentunya rasa dan suasana yang tidak bisa dibayangkan dari surga yang sangat diimpikan.

7. Ibadah Selama 700 Tahun

Masa manusia hidup, rata-rata memiliki usia harapan hidup sekitar usia 80 hingga 100 tahun. Siapa sangka bahwa kombinasi dengan puasa rajab akan bernilai ibadah selama 7 kali usia manusia. Manfaat puasa rajab 1 hari yang digabungkan dengan beberapa hari tertentu pada bulan-bulan lainnya akan diberikan balasan seperti ibadah selama 700 tahun.

Hal tersebut tentunya dapat menambah semangat dan keinginan umat muslim untuk menjalankan puasa rajab setidaknya satu hari. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, manfaat puasa rajab 1 hari akan diberikan setelah hari pertimbangan tiba. Jadi, sebagai bentuk keimanan, sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk melaksanakan puasa rajab.

BACA JUGA KAWAN »  Inilah Kisah Cinta Nabi Adam dan Siti Hawa sebagai Manusia Pertama di Muka Bumi

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *