Inilah 6 Tata Cara Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Inilah 6 Tata Cara Ziarah Kubur Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Tata cara Ziarah kubur sesuai sunnah merupakan hal yang penting untuk diketahui. Alasannya, banyak orang yang keliru tentang  tata cara ziarah kubur. Akibatnya, mayoritas  orang yang melakukan hal-hal yang bukan sesuai  sunnah saat mendatangi pemakaman. Lalu, apa sajakah tata cara ziarah kubur sesuai tuntunan islam? Inilah informasi lengkapnya:

1. Hendaklah Mengambil Air Wudhu Sebelum Berangkat ke Makam

Tata cara berziarah sesuai tuntunan islam, yaitu mengambil air wudhu, sebelum berangkat ke makam. Hal itu dilakukan untuk membersihkan diri dari perbuatan tercela  yang mengotori hati. serta, anggota tubuh. Jadi, sebelum berangkat ke tempat pemakaman hendaknya berwudhu lebih dulu agar hati dalam keadaan tenang.

2. Memahami Maksud dari Ziarah Kubur

Tata cara melakukan ziarah  kubur yang kedua adalah memahami tentang ziarah kubur. Hal ini sangat penting karena banyak orang yang salah niat saat ziarah kubur. Misalnya, datang ke makam kiai untuk meminta kekayaan. Hal itu, tidak diperbolehkan dalam islam sebab, meminta pertolongan hanya kepada Allah. Jadi, hal tersebut bisa dikategorikan sebagai perbuatan menyekutukan Allah.

Tujuan yang sebenarnya dalam ziarah kubur adalah mengingat bahwa waktu kematiannya semakin dekat. Orang yang berziarah kubur diharapkan meningkatkan ketaatannya kepada Allah. Hasilnya, orang yang berziarah kubur akan sadar bahwa, hidup ini hanya sebentar.

3. Ucapkanlah Salam Sebelum Memasuki Area Pemakaman

Tata cara ziarah kubur sesuai sunnah yang ketiga adalah mengucapkan salam sebelum masuk area pemakaman. Hal itu sesuai ajaran Rasulullah SAW. Yakni, “Assalamualaikum Ya Ahlad diyaari ”minal mu’minina wal muslimina wa inna insya allah bikum. Laa hiqun nas’alullah lana walakumul aafiyah.

“Moga-Moga sejahtera buatmu wahai penghuni alam barzah dari orang-orang mukmin dan muslimin. Sesungguhnya kita dengan izin Allah akan menyusul, kami mohon pada Allah untuk aku dan kamu agar diberi keselamatan.”

BACA JUGA KAWAN »  Terbukti Ampuh! 5 Cara Menghilangkan Rasa Takut yang Berlebihan Menurut Islam

4. Membaca Doa & Dzikir kepada Jenazah Sambil Menatap ke Arah Kiblat

Saat ke pemakaman jangan lupa membaca doa serta zikir sambil menatap ke arah kiblat. Adapun doa dan zikirnya bisa yang biasa, yaitu subhanallah,walhamdulilah maupun Allahu Akbar. Selain itu, bisa juga membaca doa lainnya, sesuai tuntunan Rasulullah. Aturan ini hanya berlaku untuk sesama muslim.

Sementara itu, dilarang bagi seorang muslim untuk mendoakan jenazah non muslim. Kecuali, hanya sebatas menghibur keluarganya, . tanpa mengikuti ritual agamanya. Hanya diperbolehkan mendoakan keluarga yang ditinggalkan agar mendapatkan hidayah  masuk islam.

5. Melepaskan Alas kaki & Dilarang Menginjak Tanah makam

Tata cara ziarah kubur yang kelima adalah melepaskan alas kaki. Larangan tersebut ada dalam hadis yang diriwayatkan oleh, Basyir Bin Khashasiyah Radhiyallahu Anhu, yang artinya: “Hai Pemakai alas kaki celakalah kamu! Lepaskan sandalmu” lalu, orang tersebut menengok ke arah Rasulullah. Lalu, seketika orang itu melepaskannya.

Untuk dalil mengenai larangan menginjak tanah makam, terdapat dalam hadis riwayat Muslim, yang berbunyi: “sesungguhnya, jika salah satu dari kalian semua duduk di atas bara api sehingga membakar bajunya dan menembus kulitnya, itu lebih utama daripada duduk di atas liang kubur.”

Selain itu, Rasulullah juga melarang umat muslim untuk shalat di atas liang kubur. Sesuai hadis nabi yang diriwayatkan oleh hadis riwayat Muslim. Artinya, “Jangan berdoa dan shalat di atas makam serta jangan kalian duduk di atasnya.” Hal itu karena berpotensi melakukan perbuatan menyembah makam.

Itulah 6 tata cara ziarah kubur sesuai sunnah. Dengan mengetahui tata cara saat melakukan ziarah kubur, maka akan terhindar dari hal-hal yang tidak diperbolehkan. Jangan sampai sembarangan saat ziarah sebab harus mengikuti tata caranya.

BACA JUGA KAWAN »  Cara Cepat Hamil Setelah Menikah Menurut Islam dengan Melibatkan Allah

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *