menghitung harga wajar saham

5 Cara Menghitung Harga Wajar Saham Yang Mudah

Pada saat terjun ke dunia saham, dimana nasabah melakukan pemesanan saham. Maka bisa juga dengan melakukan cara menghitung harga wajar saham. Dimana rasio pada saham bisa dilakukan dengan cara mudah pada saat perhitungannya. Rasio yang ada tersebut akan dibandingkan dengan harga pasar yang ada.

1. Menghitung Dari Book Value

Dalam hal ini yang dimaksud dengan adanya book value berarti rasio yang ada. Dengan membandingkan adanya nilai buku dengan harga market yang kemudian melakukan valuasi nilai pada tiap saham. Dengan memahami info tentang harga jual pula pada bursa saham.

Cara menghitungnya dengan penentuan BV + Total Ekuitasnya : adanya jumlah sahamnya beredar di pasaran.  Adanya book value ini juga akan melihat nilai sahamnya dari perusahaan pada tiap lembar yang ada di market. Tentunya dengan melakukan perhitungan menggunakan rumus dan akan bisa terlihat harga wajarnya pada saham yang dibeli.

2. Melakukan Perhitungan Terhadap EPS

Bagaimana cara menghitung harga wajar saham terhadap EPS? Yaitu dengan menggunakan rumus yang sudah ditetapkan PER = adanya harga dari saham terbaru : EPS. Dari rumus tersebut biasanya EPS juga punya rumus sendiri yang didasarkan rasio saham.

Pada saat melakukan perhitungan, rasio yang dilakukan ini merupakan rasio paling penting. Dimana rasio pada saham dihitung dengan memakai analisa fundamental yang ada. Dengan kegunaan dari perhitungan rasio tersebut untuk memahami berapa harga saham pada perusahaan yang menjualnya.

3. Menghitung Rasio Beserta Harga Buku

Untuk menghitungnya tinggal memakai rumus yang sudah disediakan yaitu PBV = Dengan harga saham paling baru :  Book Value. Dengan tujuan agar mampu membedakan adanya harga pasar saham dengan nilai dari saham per lembar. Selanjutnya rasio pada book value bisa terhitung dengan benar dan tepat.

Baca Juga  Pahami Dahulu 7 Jenis Tabungan Bank BNI Ini agar Tidak Salah Pilih

Jika sudah paham perhitungannya maka bisa ditentukan kapan harga saham tersebut lebih murah atau mahal. Oleh karena itu, pentingnya paham tentang rasio didasarkan pada harga buku atau value book untuk perhitungan saham. Jadi pada saat melihat market saham, bisa didapatkan perbandingan antara saham satu dan lainnya.

4. Perhitungan Rasio Dengan Pendapatan Dividen

Selanjutnya dalam menghitung harga wajar saham yaitu antara rasio dengan pendapatan deviden bisa menggunakan rumus. Yaitu DYR = Dividen per saham, : harga saham paling baru. Dengan melaksanakan perhitungan tersebut maka bisa dilihat bentuk dividen dan harga per rupiah dari saham.

Perhitungan penghasilan yang ada serta didapatkan disini yaitu dividen. Yang artinya bisa menghitung pula nilai untung para investor pada saham yang telah dibeli tersebut. itulah kenapa dilakukan perhitungan pada pendapatan dividen ini.

5. Menghitung Rasio Dengan Pembayaran Dividen

Dalam menghitung rasio ini maka bisa dilakukan dengan rumus berikut, DPR = Total dari dividen : laba bersih. Semakin besar dari nilai rasio maka bisa dihitung semakin besar pula nilai keuntungan yang bisa didapatkan.

Keberadaan dari dividen payout ini dengan menghitung jumlah yang ada. Kemudian mendistribusikan laba bersih ke perusahaan melanjutkan pada investor atau dalam hal ini merupakan pemegang saham yang sah. Selanjutnya bisa mendapatkan keuntungan yang disesuaikan dengan nilai rumusan dan hitungan saham wajar yang tepar.

Dengan memahami bagaimana cara guna menghitung harga wajar saham yang mudah. Maka akan paham pula berapa nilai rasio, keuntungan hingga harga saham yang ada di pasaran. Langkah selanjutnya yang bisa diambil oleh investor yaitu dengan membandingkan saham yang ada serta keuntungan mana yang bisa didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *