saham batu bara terbaik

5 Emiten Saham Batu Bara Terbaik untuk Investasi 2021!

Investasi saat ini menjadi hal yang mulai banyak dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan dan pundi-pundi uang. Ada banyak sektor  menarik  dan bisa dipilih untuk investasi salah satunya berasal dari tambang batu bara dengan performa positif. Ada banyak emiten yang bisa dipilih tetapi apa saja yang termasuk dalam emiten saham batu bara terbaik 2021?

Banyak pengamat saham memberi pendapat bahwa kondisi sektor ini akan lebih stabil dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sektor ini memiliki permintaan di pasar yang terus meningkat meski kerap terkena isu negatif. Kegunaan batu bara tergolong masih cukup sentral terutama dalam pembangkit listrik, ini dia saham batu bara terbaik yang bisa dipilih:

1. PT Bukit Asam (PTBA)

Di posisi pertama ada saham milik PTBA yang menjadi perusahaan dengan penghasilan batu bara paling besar untuk Indonesia sendiri. Perusahaan ini ada di bawah naungan BUMN Indonesia dengan hasil kinerja selalu bagus serta sering mendapat untung.

PTBA sendiri juga memiliki banyak sektor bisnis yang menjadikannya semakin kuat mulai dari logistik dan sebagainya. Ada banyak anak perusahaan di bawah PTBA sendiri yang menjadikan prospek keuntungan dari saham ini semakin besar. Selain itu, PTBA menjadi perusahaan yang memberikan kinerja lebih stabil dibanding yang lain.

2. ADARO Energy

Selanjutnya ada perusahaan ADRO sebagai perusahaan terkenal bergerak di bidang pertambangan batubara. Ada beberapa sektor bisnis lain di luar sebagai memproduksi batu bara misalnya saja Adaro Foundation, dan Adaro Water.

Pengamat ekonomi menilai ada beberapa hal yang menarik dari saham milik ADRO ini yaitu pertama sudah pasti dari besarnya perusahaan. Selanjutnya ada nilai valuasi PER Adaro yang berada di angka 8,14 dan ini cukup menarik untuk perusahaan tambang. Terakhir, ADRO selalu rutin dividen di tiap tahunnya sehingga menguntungkan investor.

Baca Juga  Masih Pebisnis Pemula? Ketahui Cara Menghitung Return Investasi Agar Bisnis Dapat Berjalan Maksimal

3. Harum Energy

Saham perusahaan Harum Energi punya kinerja kurang baik dibandingkan emiten sebelumnya, jadi tidak punya margin keuntungan besar. Daya tarik utama dari perusahaan ini terletak pada kondisi keuangan dimana kondisi kas besar sekali serta utang kecil.

Dilihat dari kondisi keuangan perusahaan saja, ada jarak yang jauh antara kas perusahaan dengan jumlah utang di angka 14%.  Keuntungan yang mungkin ada di saham ini adalah ketika harga valuasi menurun, masih mungkin adanya multibagger.

4. Indo Tambang Raya Megah (ITMG)

ITMG sudah berdiri dari tahun 1987 dan melakukan penambangan batu bara cukup besar dengan 14 anak perusahaan di bawahnya. Dilihat dari data fundamental ITMG sendiri, memang ada trend revenue dan profit yang masih naik turun hingga saat ini.

Dari rasio profitabilitas sendiri perusahaan ini masih punya performa yang tergolong cukup baik meski tidak sebaik emiten lain. Perusahaan ini masih memiliki kondisi keuangan yang tergolong baik dengan tingkat utang terjaga di angka yang baik.

5. Saham Mitrabara Adiperdana (MBAP)

Terakhir ada saham miliki MBAP yang memiliki kinerja tergolong efisien dan punya hasil kinerja cukup baik. Perusahaan satu ini terkenal dengan dividen untuk investor yang tergolong besar sehingga banyak yang memilih saham ini.

Hal penting dalam pembelian saham ini adalah terus memperhatikan bagaimana kondisi valuasi perusahaan agar bisa untung. MBAP punya revenue yang terus meningkat dari tahun 2014 ditambah dengan rasio profitabilitas yang juga mumpuni.

Itulah dia lima emiten saham batu bara terbaik yang bisa dipilih untuk investasi baik jangka panjang atau menengah. Bidang batu bara akan terus mengalami perkembangan selama manusia masih belum bisa terlepas dari energi tidak terbarukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *