cara menabung emas di antam

Pilihan Cara Menabung Emas di Antam, Baik Online atau Offline

Saat ini sudah banyak orang mulai tertarik untuk melakukan investasi di berbagai hl mulai dari reksadana, saham, hingga emas. Emas menjadi salah satu jenis barang yang tergolong ke dalam barang investasi karena harganya yang naik seiring waktu. Salah satu PT yang menyediakan emas untuk investasi adalah Antam, lalu bagaimana cara menabung emas di Antam?

Investasi Emas Batangan

Investasi emas bukan merupakan jenis investasi yang bisa memberi keuntungan besar dalam satu malam. Dalam dunia investasi sendiri, keuntungan yang besar berarti ada kemungkinan rugi yang cukup besar pula dan di sinilah kelebihan emas. Benda emas menjadi media investasi dengan keuntungan tidak terlalu tinggi tetapi punya keamanan tinggi.

Cara Menabung Emas Antam

Emas Antam sendiri merupakan salah satu jenis emas batangan hasil produksi dari PT Antam yang tergolong sulit dipalsukan. Setiap emas yang dikeluarkan memiliki sertifikat yang di dalamnya berisikan spesifikasi tersendiri dari tiap emas tersebut. Jika tertarik untuk menabung emas dari Antam, sebaiknya dapatkan terlebih dulu distributor resminya.

1. Membeli Langsung dan Menabung Sendiri

Untuk menabung emas di Antam bisa dilakukan secara offline yakni dengan membeli emas di Butik Logam Mulia terdekat. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mendatangi gerai Butik Logam Mulia yang terdekat dari tempat tinggal. Pembelian langsung ke butik bisa menjadi pilihan tepat karena ada banyak pilihan emas yang bisa dilihat langsung.

Setelah itu, pilihlah emas yang merupakan hasil produksi dari PT Antam, tanyakan sertifikasi juga untuk produk tersebut. Biasanya, untuk keperluan sertifikasi dan catatan transaksi, akan ada beberapa data diri yang diminta.

Setelah selesai dengan data diri, tinggal bayarkan saja sejumlah uang untuk keperluan pembayaran emas Antam tersebut. Emas ini bisa disimpan sendiri di rumah jadi nantinya menabung tidak melalui pihak luar, hanya dilakukan secara mandiri.

Baca Juga  Cara Membuka Rekening Saham dengan 5 Langkah Mudah

2. Menabung di Brankas LM Antam

PT Antam menyediakan layanan sendiri untuk membeli emas hasil produksi mereka secara langsung tanpa melalui perantara. Caranya adalah dengan membeli lewat Brankas LM yang melayani pembelian secara online, tidak perlu keluar rumah.

Pembelian di Brankas LM bisa memberikan harga lebih murah, menyediakan penyimpanan, serta penjualan lebih tinggi. Ada juga layanan lain dari Brankas LM yaitu berupa pembayaran zakat serta infaq wajib bagi umat Islam untuk tabungan emas dengan menggandeng BAZNAS.

Pendaftaran di Brankas LM sendiri bisa dilakukan langsung ke kantor terdekat ataupun langsung di situs Brankas. Beberapa dokumen persyaratan yang akan diminta yaitu berupa KTP, NPWP jika ada, serta kartu keluarga untuk nantinya kepentingan ahli waris. Setelah itu, bisa memilih secara bebas produk yang ditawarkan, ada emas, perak, bauksit, hingga nikel.

3. Menabung Emas di Pegadaian

Ada cara menabung emas di Antam yang melalui Pegadaian sebagai penyedia tempat untuk menabung emas dengan lebih terpercaya. Pertama, nasabah perlu melakukan registrasi terlebih dulu untuk rekening baru, bisa secara langsung atau lewat digital. Di tahap ini, ada biaya untuk fasilitas penyimpanan emas selama satu tahun yang hanya Rp. 30.000 saja.

Setelah membuka rekening emas baru, selanjutnya nasabah sudah bisa melakukan transaksi pembelian emas Antam dan mendapat buku tabungan. Jika menginginkan pembelian berupa emas fisik nantinya bisa melakukan pemesanan cetak. Ada beberapa kepingan yang ditawarkan yaitu pecahan paling kecil 1 gr dan paling besar 100 gr.

Itulah beberapa cara menabung emas di Antam yang bisa dilakukan melalui berbagai tempat berbeda. Emas menjadi benda investasi yang tergolong aman dari inflasi karena meski terjadi penurunan harga, kerugian masih bisa tertutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *