buka rekening saham online

Buka Rekening Saham Online, Cara Baru dengan Langkah Cepat

Seiring dengan perkembangan zaman, buka rekening saham online juga sudah bisa dilakukan. Hal ini akan semakin memudahkan calon nasabah karena tidak perlu keluar rumah untuk melakukan pendaftaran. Tidak hanya satu perusahaan sekuritas saja, hampir semua perusahaan sekuritas sudah menerapkan konsep baru ini.

Hal ini juga termasuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan segala kemudahan. Sama seperti membuka rekening secara offline, saat menggunakan cara online juga harus menyertakan dokumen pribadi yang dianggap penting. Berikut beberapa langkah mudahnya:

1. Buka Situs Perusahaan Sekuritas yang Dijadikan Pilihan

Langkah awal agar bisa membuka rekening adalah dengan mengunjungi situs resmi dari perusahaan atau menggunakan aplikasi jika sudah disediakan. Langkah ini sama untuk dilakukan pada semua jenis perusahaan sekuritas. Sekitar empat perusahaan yang menjadi unggulan sudah bisa dipilih untuk digunakan.

Ada perusahaan Indopremier, Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, Panin Sekuritas, dan yang lainnya. Semua perusahaan ini memiliki situs resmi yang bisa digunakan untuk membuat rekening. Selain itu ada juga perusahaan yang menyediakan aplikasi. Cara pertama ini akan sangat mudah untuk dipraktekkan hanya mengikuti langkah yang diberikan.

2. Cari Menu “Pembukaan Rekening Baru” atau yang Sejenisnya

Jika sudah masuk ke situs atau aplikasinya, cara buka rekening saham online selanjutnya bisa dilakukan dengan melihat jajaran menu. Ada beberapa menu yang tersedia, tapi ada satu yang harus dipilih. Menu tersebut adalah menu “Pembukaan Rekening Baru” atau menu sejenisnya. Pencet menu tersebut untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Lakukan Pengisian dan Unggah Berkas yang Dibutuhkan

Ada beberapa berkas penting dalam melakukan pendaftaran. Berkas yang dibutuhkan tersebut adalah salinan KTP, buku tabungan bagian awal, kemudian NPWP jika ada. NPWP bukan hal wajib. Saat tidak ada ganti saja dengan surat yang menyatakan bahwa tidak memiliki kartu sejenis NPWP atas nama pribadi.

Baca Juga  Masih Pebisnis Pemula? Ketahui Cara Menghitung Return Investasi Agar Bisnis Dapat Berjalan Maksimal

Pengisian ini tidak memerlukan waktu lama asal sambungan internet yang dibutuhkan sudah ada dan lancar untuk digunakan. Setiap perusahaan sekuritas memiliki kebijakan sendiri-sendiri. Jadi bisa saja ada berkas tambahan yang dibutuhkan untuk diunggah bersama dengan berkas yang dijabarkan di atas.

4. Unduh Setiap Berkas yang Sudah Diisi Beserta Surat Perjanjiannya

Jika sudah melakukan unggah berkas, maka langkah selanjutnya adalah mengunduh berkas-berkas yang ada beserta surat perjanjiannya. Tujuan diunduhnya berkas ini untuk ditandatangani pada semua halaman yang ada. Jika sudah diunduh dan ditandatangani pada semua bagian, maka bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

Pada cara berikutnya, nasabah diharuskan untuk mengirim berkas asli yang sudah di unggah di situs. Pengiriman ini bisa dilakukan dengan ekspedisi yang terpercaya untuk digunakan karena data yang dikirimkan tersebut sangat penting. Tidak semua perusahaan sekuritas memberi kebijakan ini. Ada juga perusahaan yang tidak mewajibkan pengiriman berkas.

5. Tunggu Pesan Konfirmasi dari Kantor Sekuritas

Saat semua proses sudah dilakukan, maka hanya satu langkah lagi yang tersisa. Langkah ini mungkin terdengar sepele, namun ada berkas penting di dalam pengiriman tersebut. Saat sudah melakukan pengiriman, maka akan diberi email berupa username dan password untuk masuk situs atau aplikasinya.

Waktu yang digunakan untuk konfirmasi ini tidak beberapa menit saja, namun bisa berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Proses ini agak lama karena pihak perusahaan sekuritas harus memeriksa satu per satu berkas yang diunggah. Hal ini dilakukan untuk menjadi keaslian data yang dikumpulkan ke perusahaan.

Itulah cara buka rekening saham online yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Setiap langkah di atas harus dilakukan dengan cermat dan baik agar tidak menyesal di kemudian hari. Setiap perusahaan sekuritas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan lupa untuk mempertimbangkan hal itu juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *