cara menghitung return investasi

Masih Pebisnis Pemula? Ketahui Cara Menghitung Return Investasi Agar Bisnis Dapat Berjalan Maksimal

Berbisni memang sebuah aktivitas yang banyak dilakukan sebagian besar orang demi mendapatkan penghasilan dalam hidup. Sebagai pebisnis pemula memang diharuskan untuk mengetahui segala aspek dalam dunia bisnis sebelum meluncurkan bisnisnya. Salah satu hal paling wajib diketahui pebisnis adalah cara menghitung return investasi secara menyeluruh.

Apa Itu Return Investasi

Secara sederhana return investasi atau dalam bahasa Inggris Return on Investment merupakan pengembalian dalam bentuk keuntungan atau kerugian. Pengembalian tersebut diberlakukan bagi para investor yang telah melakukan investasi di sebuah perusahaan. Penyebab dari return investasi ini biasanya dikarenakan terjadi kenaikan maupun penurunan pada nilai investasi yang sudah disetorkan.

Dalam kebanyakan kasus para investor juga melihat terlebih dahulu terkait dengan return investasi pada perusahaan tujuan. Para investor akan menghitung terlebih dahulu terkait dengan return investasi perusahaan sebelum melakukan kerjasama di perusahaan. Hal ini dilakukan agar mendapatkan sebuah gambaran tentang return investasi pada masa mendatang.

Seorang investor pastinya akan mengharapkan mendapatkan pengembalian setiap tahunnya dengan jumlah minimal 5%. Oleh karena itulah para investor akan melakukan observasi terlebih dahulu sebelum memberikan uang kepada perusahaan. Dengan demikian keberhasilan akan memperoleh keuntungan dari berinvestasi pada perusahaan menjadi terbuka lebar.

Cara Melakukan Penghitungan Return Investasi

Bagi seorang pebisnis pemula maupun profesional mengharuskan mengetahui secara detail cara menghitung return investasi agar tidak salah pilih dalam berinvestasi. Langkah-langkah melakukan penghitungan return investasi ini juga terbilang sangat mudah dilakukan. Untuk menghitungnya gunakan rumus ROI= (Pendapatan Investasi-Biaya Investasi) / Biaya Investasi x 100%.

Dalam sebuah gambaran bahwa apabila investor melakukan investasi sebanyak Rp10.000.000 dan kemudian dalam penjualan memperoleh Rp15.000.000, maka labanya Rp5.000.000. Untuk menghitung menggunakan rumus berarti ROI = (Rp15.000.000 – Rp10.000.000) : (Rp10.000.000 x 100%), maka hasilnya 50%. Jadi kesimpulan dari return investasinya dapat dikatakan mencapai target 50%.

BACA JUGA KAWAN »  Cara Memilih Saham Syariah yang Memberikan Keuntungan

Pentingnya Menghitung Return Investasi

Mengetahui tentang rincian cara menghitung return investasi memang harus dilakukan mengingat biasanya investasi dibutuhkan jumlah uang yang besar. Bagi seorang investor yang telah melakukan penghitungan dengan benar, maka bisa menjadi acuan dalam berinvestasi. Lantas apa pentingnya melakukan return investasi? Berikut penjelasannya:

1. Sebagai Dasar Analisis Perusahaan

Melakukan penghitungan return investasi memang sangat penting karena sebagai dasar menganalisis sebuah perusahaan. Analisis ini perlu dilakukan agar mengetahui bagaimana tingkat keberhasilan dan kemajuan pada perusahaan itu. Jika memang potensi keuntungan dapat dicapai dengan baik, maka perusahaan tersebut bisa diajak kerjasama.

2. Membandingkan Efisiensi Modal

Pada masa modern ini memang banyak sekali perusahaan menawarkan kerjasama bagi para investor. Tentu saja bagi para investor harus melakukan perbandingan terlebih dahulu terkait dengan modal yang akan ditanam. Perbandingan tersebut dapat dilakukan dengan menghitung return investasi pada perusahaan-perusahaannya.

3. Sarana Mengambil Keputusan

Sebagai seorang pebisnis memang mengharuskan mengambil keputusan tepat agar tidak salah pilih dan justru mengakibatkan kerugian. Pengambilan keputusan ini dapat dilakukan dengan melakukan penghitungan return investasi. Apabila memang perusahaan tersebut tergambar jelas telah memberikan keuntungan, maka bisa langsung bekerjasama.

4. Menghindari Kerugian

Hal yang perlu diketahui tentang pentingnya melakukan return investasi adalah karena menghindari kerugian saat berinvestasi. Kerugian dalam melakukan investasi memang menjadi resiko bagi investor yang kurang beruntung. Oleh karena itu, rumus dasar tentang penghitungan return investasi harus diketahui dan dihitung secara detail.

5. Bisnis Menjadi Lebih Yakin

Sebuah keberhasilan bagi para pebisnis adalah yakinnya dalam menjalankan bisnis. Biasanya keyakinan akan terbentuk ketika mengetahui perusahaan tujuan mempunyai peringkat terbaik dan terpercaya. Hal untuk memberikan keyakinan dalam berinvestasi adalah dengan menghitung return investasi perusahaan terlebih dahulu.

BACA JUGA KAWAN »  Kredit Usaha Rakyat, Tujuan dan Cara Mendapatkannya

Itulah penjelasan singkat terkait dengan cara menghitung return investasi melalui beberapa rumus. Lakukanlah penghitungan dengan benar dan setelah itu siapkan diri untuk bergabung dalam sebuah bisnis yang memberikan keuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *