Langkah Mudah Temukan Broker Saham Terbaik untuk Pemula (thebalance.com)
Langkah Mudah Temukan Broker Saham Terbaik untuk Pemula (thebalance.com)

Langkah Mudah Temukan Broker Saham Terbaik untuk Pemula

Kali ini kita akan membahas broker saham terbaik untuk pemula. Membeli saham tidak bisa dilakukan secara mandiri, melainkan harus dengan perantara perusahaan sekuritas maupun broker saham melalui bursa efek. Dalam sebuah perdagangan saham, broker dan perusahaan sekuritas memiliki kedudukan yang penting.

Sebagai seseorang baru yang bergerak di bidang saham, Anda harus benar-benar paham dulu tentang si mesin transaksi ini. Broker atau dalam bahasa Indonesia akrab dengan sebutan pialang. Pialang adalah perantara yang akan menyediakan layanan dan menerima kompensasi baik dari biaya, komisi, maupun pembayaran bursa sesuai perjanjian yang telah ditetapkan.

Sebagai perantara, broker juga akan membantu Anda dalam beberapa hal lain terkait investasi. Misalnya, melakukan riset dan penelitian, rencana investasi, serta turut melakukan analisis baik secara teknikal maupun fundamental.

Untuk meminjam jasa broker membutuhkan dana yang tidak sedikit. Tapi karena teknologi yang bergerak semakin maju ini, bermunculan broker online yang mudah ditemui dengan biaya terjangkau.

Broker Saham Terbaik untuk Pemula

Saking banyaknya broker yang menampakkan diri, barangkali akan membuat Anda merasa kebingungan dalam memilih perantara. Broker murah namun kualitas atas banyak, tapi broker murah yang membuat naik darah juga mulai merambah.

Jadi, jangan sampai salah sasaran. Yuk, simak beberapa hal yang harus Anda ketahui agar mendapatkan pialang yang baik.

Jenis-Jenis Broker

Sebagai salah satu kunci suksesnya transaksi jual beli, broker harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi klien. Maka bisa dianggap jikan si pialang ini bekerja lebih dari profesi makelar. Berikut ini adalah jenis broker :

  1. Broker Institusi. Merupakan pialang yang tugasnya hanya melayani perusahaan atau lembaga.
  2. Broker Ritel. Berkebalikan dengan broker institusi, broker ritel ini hanya melayani sebatas klien individu.
  3. broker diskon. Pialang yang satu ini hanya melayani konsultasi, memberikan saran, informasi, serta hasil analisis. Sementara eksekusi masih tetap di tangan konsumen atau klien.
  4. Broker full service, yang merupakan kebalikan dari broker diskon. Broker full service ini menyediakan seluruh layanan pada konsumen. Pialang ini merupakan pialang pilihan para investor karena dari memberikan nasihat sampai dengan analisis produk, mereka lakukan.
BACA JUGA KAWAN »  Cara Memilih Saham yang Menguntungkan untuk Pemula

Setelah mengetahui jenis-jenis broker, Anda juga perlu tau bagaimana cara memilih broker. Sebagai acuan, di bawah ini ada beberapa tips bagaimana memilih broker yang baik dan tepat.

Tips Memilih Broker Saham Terbaik untuk Pemula

  1. Pilih Broker yang Sudah Terdaftar

Menentukan broker yang tepat dan aman sangatlah dibutuhkan untuk mengantisipasi penipuan. Pastikan broker yang Anda pilih adalah dari perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) atau lembaga terkait lainnya.

Mudahnya Anda bisa mendapatkan informasi melalui KBI (Kliring Berjangka Indonesia). Jika broker sudah terdaftar sebagai anggota dan mempunyai izin, maka broker saham yang Anda pilih sudah dianggap aman.

  1. Pilih Broker Saham yang Memiliki Layanan Lengkap

Tentunya masing-masing broker memiliki fasilitas dan layanan yang tak sama. Ada yang hanya melayani konsultasi, ada yang sekedar mengurusi pembukaan rekening, dan masih banyak lagi macamnya. Silahkan pilih sesuai dengan layanan yang Anda perlukan.

Sebagai saran, utamakan memilih broker yang sudah memiliki aplikasi trading atau website sendiri sehingga bisa mempermudah Anda untuk memantau jalannya investasi sewaktu-waktu.

  1. Pilih Broker Saham yang Bereputasi Tinggi

Tips terakhir agar bisa mendapatkan broker saham terbaik, memastikan bahwa broker saham pilihan Anda memang terpercaya. Anda bisa melihatnya dari review yang tersebar. Broker yang baik maka ia juga akan memiliki reputasi baik di masyarakat. Broker saham seperti itulah yang wajib anda prioritaskan.

Broker saham terbaik untuk pemula memang akan lebih mudah menemukannya. Broker adalah jembatan. Maka jangan sampai Anda melewati jembatan yang reot. Broker juga bisa dianggap mak comblang. Pastikan Anda sukses menyatu dengan untung.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.