Star Wars Knight of the Old Republic (store.steampowered.com)
Star Wars Knight of the Old Republic (store.steampowered.com)

6 Game RPG Ringan PC Ini Sayang untuk Dilewatkan

Role playing games, disebut juga RPG adalah permainan yang membuat pemain akan menjadi karakter tertentu. Biasanya RPG memiliki alur cerita masing-masing, sehingga jalannya permainan ditentukan oleh cerita tersebut. Game RPG ringan PC adalah pilihan yang banyak digemari oleh gamers yang sering main game di PC.

Kapasitasnya ringan sehingga tidak membuat PC berat. Alur cerita, visual, musik, serta representasi dunia fantasi merupakan sederet faktor yang menjadikan game RPG disukai. Inilah rekomendasi 6 game RPG yang ringan dan sayang untuk dilewatkan.

1. Star Wars Knight of the Old Republic

Game yang satu ini adalah RPG yang ukurannya dibawah 300 MB sehingga untuk mengunduhnya di PC tidak memakan waktu lama. Dirilis pada 2003 lalu, game ini mengambil setting cerita pada 4000 tahun sebelum Galactic Empire dibentuk. Pemain akan menjadi Jedi, dengan misi melawan pemimpin Sith yakni Darth Malak. Di RPG ini pemain dapat memilih sendiri karakter dengan keunggulan yang berbeda antara satu dengan lainnya.

2. Titan Quest

Game RPG ringan PC bernama Titan Quest ini berukuran 512 MB. Telah rilis sejak 2006 lalu, game besutan Lore Entertainment ini mengambil latar tempat berupa zaman Romawi. Quest yang ada di Titan Quest terbagi menjadi dua. Pemain akan dihadapkan dengan gaya permainan berupa hack & slash.

Artinya setiap musuh dibantai dengan pilihan senjata yang tersedia seperti tombak, kapak, ataupun pedang. Sistem untuk kenaikan level dilakukan dengan mengumpulkan Exp. Nantinya Masteries akan terbuka setelah pemain mampu naik level untuk pertama kalinya. Pada Masteries, pemain bisa menambah skill untuk memenangkan pertarungan.

3. The Elder Scroll – Oblivion

Sekuel dari serial The Elder Scroll yang satu ini tidak kalah menarik dari yang sebelumnya. Permainan offline ini menggunakan sistem yang mirip seri sebelumnya. Pemain aktif bereksplorasi untuk mendapatkan quest sebanyak mungkin, juga berinteraksi dengan NPC.

Baca Juga  Game Simulator Kehidupan Android Paling Populer Untuk Dimainkan

Cerita gamenya mengenai Cyrodill, sebuah tempat yang ada di Tamriel. Dengan ukuran 512 sudah dapat mengunduh dan memainkan Oblivion melalui PC. Game Oblivion diterima dengan positif di kalangan gamers, dikenal dengan ceritanya yang lebih realistik, serta kecerdasan AI yang semakin meningkat.

4. Dragon Age Origins

Game dengan RAM 1 GB ini dirancang oleh BioWare, rilis di tahun 2009. Pemain akan diajak untuk memainkan karakter yang bisa dirancang sendiri. Mulai dari jenis kelamin, latar belakang, dan lain sebagainya. Karakter yang nantinya disebut “The Warden” ini memiliki misi mengalahkan Darkspawn. Senjatanya beragam, mulai jarak dekat maupun jarak jauh. Pada game ini karakter utama akan dibantu dengan beberapa companion.

5. Diablo III

Blizzard Entertainment merilis game Diablo II di tahun 2012. Game RPG ringan PC dengan RAM 1 GB ini memiliki cerita yang unik mengenai Deckard Cain beserta Leah, keponakannya yang sedang melakukan penyelidikan pada teks kuno berisikan ramalan buruk yang akan terjadi. Tiba-tiba saja terdapat bintang jatuh misterius yang menghantam sehingga Deckard Cain menghilang. Pemain akan membuat sendiri karakternya dan menjalankan misi yang ada.

6. Final Fantasy VII

Serial Final Fantasy tak pernah luput dari perbincangan mengenai game RPG terfavorit di PC. Square Enix bahkan sudah mengeluarkan hingga seri ketujuhnya. Dalam permainan ini, alur ceritanya lebih kuat disertai gameplay yang keren. Game dengan RAM 1 GB ini juga memiliki musik yang memorable. Tidak heran, Game of the Year pernah dimenangkan olehnya.

Itulah beberapa rekomendasi game RPG ringan PC yang sayang untuk dilewatkan. Mengingat penggemar game PC terus bertambah, besar kemungkinan bahwa genre ini akan terus diproduksi. Memainkan game dengan ukuran ringan menjadi pilihan banyak gamers karena tidak memakan banyak tempat dan jarang menyebabkan komputer mengalami lemot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *