Tips Mendapatkan Saham Murah yang Berkualitas Tinggi

Tips Mendapatkan Saham Murah yang Berkualitas Tinggi

Tips Mendapatkan Saham Murah yang Berkualitas Tinggi – Saham masih memiliki banyak penggemar di dunia bursa efek karena memberikan keuntungan yang cukup tinggi. Keuntungan tersebut didasarkan karena likuiditas yang tinggi serta marginnya yang terus bergerak secara agresif.

Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi jangka panjang atau pendek, namun ingin mendapatkan keuntungan yang besar, saham adalah jawabannya. Tentunya untuk mendapatkan saham yang menguntungkan harus jeli, sebab saham merupakan bagian persenan dari sebuah perusahaan.

Mungkin Anda melihat saham suatu perusahaan memiliki harga yang tinggi dan berniat untuk membelinya, namun bisa jadi karena pengelolaan dana yang buruk, harga saham tersebut akan turun di masa yang akan datang. Karena itu, tips mendapatkan saham murah namun memberikan keuntungan harus benar-benar Anda lakukan.

Harga Murah Tidak Berarti Jelek

Ketika Anda membuka situs bursa efek atau aplikasi trading, kemungkinan besar Anda masih bisa menemukan harga saham dibawah seribu rupiah untuk satu lembarnya. Kebanyakan investor biasanya melewatkan saham tersebut untuk mencari harga saham yang lebih stabil dan terlihat menguntungkan.

Namun hal tersebut bukan berarti Anda bisa terus melewatinya, jika memiliki waktu luang coba perhatikan saham tersebut dan lihat apakah ia dimiliki perusahaan yang baik dan memiliki likuiditas stabil. Jika iya, maka Anda bisa membeli saham tersebut karena kemungkinan ia tetap akan mendatangkan keuntungan di masa depan.

Pilih di LQ45

Jika Anda sedang belajar terkait dengan saham, tentu sudah tidak asing dengan LQ45 di pasar bursa. LQ45 merupakan indeks yang digunakan oleh trader dan broker untuk mengetahui saham dengan kualitas baik, berisi 45 jenis saham yang fundamental dan likuidnya tidak perlu dipertanyakan.

Tips mendapatkan saham murah adalah dengan menelusuri LQ45 tersebut, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi saham tersebut di masa depan. Umumnya saham yang masuk dalam LQ45 merupakan saham yang berasal dari perusahaan ternama.

Di LQ45 jika Anda cari dengan teliti, Anda masih bisa menemukan selembar saham hanya dengan harga seribu rupiah. Apabila Anda membeli satu lot, maka harga yang harus Anda bayarkan hanya seratus ribu rupiah, dengan jumlah tersebut Anda sudah bisa melakukan investasi jangka panjang.

Bagi Portofolio dengan Baik

Anda bisa tetap membeli saham dengan harga yang murah, dengan presentasi dominan 60 persen saham harga menengah dan 40 persen saham harga murah. Anda boleh melakukan perubahan atas presentasi tersebut, namun usahan saham murah yang Anda beli tidak lebih dari 40 persen dari portofolio yang Anda miliki.

Tips membeli saham murah lainnya adalah memilih sektor komoditas kelapa sawit dan property, ke depannya kedua jenis komoditas tersebut memiliki kemungkinan upside atau kenaikan harga yang signifikan. Jika memang memilih saham dengan harga yang murah, Anda disarankan untuk tidak memilih saham bank dengan modal inti dibawah 5 triliun.

Dengan berbagai tips tersebut, Anda memang diperbolehkan untuk membeli dan melakukan investasi pada saham dengan harga yang murah, namun tetap perhatikan bagaimana kondisi saham tersebut. Jangan sampai Anda salah melakukan analisis, yang membuat proses keuntungan Anda menipis.

Demikianlah tips memilih saham murah yang sebaiknya diaplikasikan oleh investor pemula ataupun investor lanjutan. Kini Anda bisa dengan mudah melakukan investasi hanya dengan budget minimalis namun memberikan keuntungan jangka panjang. Jadi jangan ragu melakukan investasi saham murah apabila saham tersebut memang potensial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *