Syarat Membeli Saham, Ketahui Ketentuannya Sebelum Transaksi

Strategi Investasi Saham Agar Mendapatkan Profit Yang Maksimal

Syarat Membeli Saham, Ketahui Ketentuannya Sebelum Transaksi – Saham merupakan investasi yang memiliki profil resiko cukup tinggi, namun hal tersebut sebandingkan dengan keuntungan besar yang ia miliki. Namun bukan berarti Anda diperbolehkan untuk membeli saham sembarangan.

Jika Anda tertarik untuk melakukan pembelian saham, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus Anda penuhi. Tanpa memenuhi syarat tersebut, Anda akan kesulitan melakukan pembelian atau penjualan saham, sebab kemungkinan Anda bukan pemilik yang legal.

Syarat Membeli Saham sesuai Ketentuan

  1. Memiliki Rekening Bursa Efek atau Saham

Sebelum mulai memiliki saham, syarat membeli saham yang harus Anda penuhi adalah memiliki rekening bursa efek atau saham. Ini berlaku untuk saham yang legal dan diakui oleh pemerintah Indonesia. Apabila Anda diarahkan untuk melakukan pembelian saham asing, sebaiknya pertimbangkan ulang.

Untuk membuka rekening, Anda bisa dengan mudah melakukannya secara online ataupun offline. Untuk cara online, gunakan aplikasi yang telah disediakan maupun website milik bursa efek Indonesia atau sekuritas. Jika ingin melakukan cara offline, Anda hanya perlu datang langsung ke kantor untuk mengajukan registrasi.

  1. Mendaftarkan Saham dan Rekeningnya

Setelah membuat akun rekening bursa efek, selanjutnya Anda bisa mendaftarkan akun yang Anda miliki ke kantor perusahaan sekuritas saham yang dipilih. Jika ingin lebih ringkas, Anda diperbolehkan untuk melakukan pendaftaran Rekening Dana Nasabah atau RDN.

Proses pendaftaran RDN ini juga memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi, tergantung dengan perusahaan sekuritas yang Anda pilih. Syarat membeli saham mungkin akan berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, sehingga perlu Anda tanyakan secara detail untuk kelengkapannya.

Cara Melakukan Trading dan Transaksi Saham

Setelah Anda menyelesaikan pendaftaran pembuatan akun, Anda bisa langsung membeli saham yang sesuai dengan pilihan Anda. Pastikan bahwa saham tersebut memang merupakan saham yang asli, terpercaya, dan bukan saham bodong.

Untuk mengeceknya Anda bisa menggunakan website OJK maupun perusahaan sekuritas legal yang tersedia. Jangan lupa, untuk memudahkan proses transaksi, Anda bisa menggunakan aplikasi trading yang mereka sediakan. Dengan begitu, Anda bisa mengecek dan memperhatikan perkembangan saham yang Anda miliki.

Agar Anda tidak kesulitan melakukan transaksi setelah memenuhi syarat membeli saham yang telah disebutkan diatas, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan trading, diantaranya:

  1. Siapkan dana dari tabungan RDN yang Anda miliki, kemudian lakukan setoran menggunakan media yang telah ditentukan.
  2. Tunggu sampai dana masuk ke dalam RDN, dari sana Anda bisa langsung melakukan trading, membeli saham, atau jika sudah memiliki beberapa Anda bisa menjualnya.
  3. Anda yang hendak membeli saham harus mengetahui bahwa Anda minimal membeli satu lot. Satu lot saham sama dengan 100 lembar saham, jika harganya tinggi Anda mungkin hanya akan mendapatkan sedikit lot.
  4. Ketika hendak menjual saham, syarat membeli saham terkait dengan lot juga harus dipahami. Sama seperti pembelian, Anda harus menjual dengan angka minimal 1 lot, sehingga bisa tercatat dengan benar.

Perlu diketahui bahwa melakukan transaksi, baik pembelian atau penjualan saham dikenai fee dan biaya admin. Untuk itu, Anda harus mengetahui benar jumlah saldo yang ada di rekening agar selalu mencukupi.

Demikianlah beberapa syarat membeli saham untuk Anda yang tertarik untuk melakukan pembelian dalam waktu dekat. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda, apalagi investor pemula yang berniat untuk masuk ke bidang investasi saham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *