Cara Pilih Saham Murah Tapi Bagus yang Menguntungkan

Cara Pilih Saham Murah Tapi Bagus yang Menguntungkan

Cara Pilih Saham Murah Tapi Bagus yang Menguntungkan  – Investasi saham memang investasi yang cukup menarik, sebab memberikan keuntungan yang besar jika memilih dengan benar. Sayangnya harga saham cukup mahal, apalagi untuk Anda yang memiliki budget terbatas.

Harga saham yang murah memang tersedia, namun hal tersebut kadang memberikan keuntungan yang kecil, atau kalau salah pilih bisa menimbulkan kerugian. Untuk Anda yang tertarik masuk ke bidang saham, melakukan investasi dan hendak menggunakannya untuk investasi jangka panjang, penting untuk mengetahui tips mendapat lot saham yang baik.

Sebenarnya lot saham yang baik tidak terpengaruh oleh harga di pasar efek, namun umumnya harga saham yang tinggi didominasi oleh lot saham unggulan. Tips dan cara memilih saham murah tapi bagus ini akan membantu Anda.

Saham Murah Bukan Berarti Jelek

Menilai suatu saham baik atau buruk bisa dilakukan dengan melihat valuasi pemilik saham tersebut, yakni perusahaan. Jika suatu saham memiliki harga yang murah, bukan berarti ia tidak memberikan keuntungan ke depannya. Anda bisa mengukur suatu saham baik atau tidak dengan menggunakan price to earning ratio.

Meski saat ini saham memiliki harga yang cukup tinggi, tidak sulit menemukan saham dengan harga satu lotnya kurang dari seratus ribu rupiah. Namun bukan berarti Anda bisa memilih sembarangan, pastikan Anda memilih saham yang likuiditas dan transaksinya cukup tinggi.

Jangan Membeli Saham karena Sentimen

Tips mencari saham murah tapi bagus berikutnya adalah tidak terlalu terlarut dengan sentimen. Kadang di pasar efek, terdapat sentiment yang membuat harga saham tiba-tiba naik atau turun, karena itu berpikirlah jernih dan jangan terpengaruh dengan sentimen, sebab sentiment hanya bertahan secara singkat.

BACA JUGA KAWAN »  Simak Cara Deposito Bank BCA Ini, Jenis Investasi dengan Risiko Minim

Misalnya Anda membeli saham karena terdapat sentiment bahwa ia memberikan keuntungan yang besar karena mendukung pihak tertentu, harganya mungkin akan naik selama beberapa waktu, namun dalam jangka waktu tertentu ketika sentimen tersebut sudah tidak ramai lagi, harganya akan turun dan bisa merugikan Anda.

Beli Saham Sesuai Modal

Untuk melakukan investasi saham, Anda bisa menggunakan budget yang tidak terlalu besar asalkan harga saham yang Anda beli juga sesuai. Jika menemukan harga saham yang murah, jangan buru-buru membelinya, periksa terlebih dahulu apakah ia memang saham yang baik dan bisa digunakan untuk investasi jangka panjang.

Saham murah tapi bagus umumnya memang memiliki harga yang murah, namun likuditas yang dimiliki stabil. Jangan tergiur dengan harga yang murah atau ajakan untuk membeli saham tanpa alasan yang jelas, karena ia bisa merupakan marketing pasar untuk menjual saham dengan harga yang tinggi padahal ia bukan saham yang baik.

Teknis Melakukan Trading Saham yang Bagus

Untuk melakukan trading saham yang telah didapatkan, Anda bisa menggunakan prinsip 3 M dan 1 D, yang memiliki kepanjangan sebagai mindset, metode, money manajerial dan disiplin, berikut adalah rincian mengenaninya.

  1. Mindset, Anda harus menekankan pada diri sendiri bahwa harus mendapatkan keuntungan jangka panjang, jadi bukan ikut-ikutan saja.
  2. Metode, gunakan metode yang tepat sesuai dengan pengetahuan yang sudah Anda miliki.
  3. Money manajerial, pengelolaan uang yang dimiliki dilakukan secara baik sehingga tidka merugikan investor.
  4. Disiplin, bahwa Anda sebagai investor harus memiliki rencana jangka panjang dan pendek untuk meningkatkan keuntungan.

Demikianlah beberapa cara memilih saham murah tapi bagus yang direkomendasikan  oleh banyak investor senior, semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan Anda.

BACA JUGA KAWAN »  3 Aplikasi Saham untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published.