Cara Memilih Saham yang Menguntungkan untuk Pemula

Cara Memilih Saham yang Menguntungkan untuk Pemula

Cara Memilih Saham yang Menguntungkan untuk Pemula – Ada berbagai jenis instrument investasi yang bisa Anda temukan saat ini, mulai dari deposito, emas, hingga saham. Masing-masing memiliki resiko sendiri, sehingga bisa Anda sesuaikan dengan profil resiko yang Anda miliki.

Ketika Anda melakukan pembelian saham, tentu Anda ingin keuntungan yang besar, yang akan Anda dapatkan ketika menjual saham tersebut di waktu yang tepat. Agar Anda bisa mendapatkan saham yang baik dan menguntungkan, beberapa langkah berikut ini bisa Anda lakukan, diantaranya:

Gunakan Sekuritas dengan Biaya yang Terjangkau

Cara memilih saham yang menguntungkan pertama adalah dengan memilih perusahaan sekuritas yang tepat. Perusahaan sekuritas untuk bursa saham umumnya menyarankan pengguna saham untuk membuka rekening efek untuk melakukan transaksi. Rekening tersebut perlu Anda isi menggunakan dana sehingga proses transaksi saham bisa dilakukan secara daring.

Untuk mendapatkan saham yang menguntungkan, sebaiknya pilih perusahaan sekuritas yang menyediakan fee terjangkau untuk transasi yang dilakukan nasabahnya. Fee inilah yang akan menjadi keuntungan milik perusahaan, sebab mereka menyediakan platform trading dan memfasilitasinya.

Agar keuntungan yang Anda dapatkan dari trading dan transaksi saham menguntungkan, sebaiknya pilihan perusahaan sekuritas yang memiliki fee dibawah 0,20 persen tiap melakukan pembelian dan 0,30 persen untuk penjualan. Dengan cara memilih saham yang menguntungkan ini, keuntungan yang didapatkan bisa meningkat.

Hitung Untung dan Rugi yang Dimiliki

Saham dijual dalam lot, satu lot dalam saham berisi 100 lembar, jadi jika satu lembarnya dihargai 50 rupiah, maka Anda harus mengeluarkan 5000 rupiah untuk satu lotnya. Dengan cara ini, Anda bisa memperkirakan berapa budget yang diperlukan untuk membeli incaran lot saham yang Anda miliki.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Saham Terbaik dengan Mudah

Anda tidak diharuskan untuk membeli lot yang mahal, rumus dalam melakukan saham adalah mendapatkan minimal satu persen keuntungan dari pembelian yang telah dilakukan. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk membeli saham dengan harga murah asalkan saham tersebut benar-benar menjanjikan.

Beli Saham di Tempat yang Terpercaya

Cara memilih saham yang menguntungkan selanjutnya adalah membelinya di tempat yang terpercaya. Jika sebelumnya Anda sudah berpengalaman dalam bidang ini, Anda bisa menggnuakan Bursa Efek Indonesia untuk mengecek harga saham dan pergerakannya. Disana juga dijelaskan jenis-jenis saham yang menguntungkan, yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Namun untuk pemula, Anda disarankan untuk memilih saham yang telah terdaftar pada LQ45 atau IDX30. Kedua platform tersebut memang masih terkesan amatir, namun ia menyediakan informasi yang lengkap, terutama saham dengan likuiditas tinggi yang cocok untuk investor pemula.

Selain saham yang tersedia di dua platform tersebut, perusahaan yang terdaftar juga merupakan perusahaan yang memiliki latar belakang baik. Sehingga saham yang dijual disana merupakan saham yang memberikan keuntungan kepada investor.

Membeli Saham yang Keuangannya Stabil

Cara memilih saham yang menguntungkan terakhir adalah memperhatikan perusahaan tersebut, apakah keuangan yang ia miliki memang dalam keadaan baik. Keadaan keuangan suatu perusahaan bisa mempengaruhi harga saham tersebut di pasar efek, begitu pula sentiment pasar terhadapnya.

Karena itu, sebelum yakin membeli saham, ada baiknya Anda memilih dengan tepat perusahaan sekuritas yang hendak dipilih. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih baik di masa yang akan datang karena perusahaan tetap berjalan.

Demikianlah cara memilih saham yang menguntungkan, semoga informasi tersebut dapat membantu Anda, terutama yang hendak melakukan trading dan transaksi saham dalam waktu dekat.

Baca Juga  Ketahuilah Cara Memilih Saham Untuk Trading Harian Yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *