Cara Mendapatkan Saham Terbaik dengan Mudah

Cara Mendapatkan Saham Terbaik dengan Mudah

Cara Mendapatkan Saham Terbaik dengan Mudah –  Untuk dapat memilih saham yang berkualitas akan dibutuhkan kemampuan analisis, baik fundamental atau teknikal. Jika hanya berdasarkan analisis teknikal, sudah terbukti banyak investor pemula yang terjebak transaksi saham dan mengabaikan analisis fundamental.

Akan berisiko jika Anda investasi hanya melihat naik turunnya harga saham dalam dashboard. Berikut ini beberapa cara mendapatkan saham terbaik dalam investasi saham:

Bagaimana Kapitalisasi Pasarnya? Apakah Sahamnya Likuid?

Anda harus perhatikan kapitalisasi pasar yang merupakan harga saham dikalikan dengan total jumlah saham yang diterbitkan emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dengan adanya kapitalisasi pasar ini dapat memberikan informasi seberapa tinggi volatilitas harga saham, melihat potensi perusahaan ke depan, dan seberapa besar kepemilikan publik di emiten tersebut.

Cari tahu juga sifat dari saham itu sendiri, untuk saham yang baik adalah saham yang sifatnya likuid karena diperdagangkan dengan frekuensi lebih tinggi atau di atas batasan minimal frekuensi yang telah ditentukan.

Perhatikan Tingkat Persaingan dan Prospek Industri ke Depan

Cara mendapatkan saham terbaik berikutnya dengan mengukur seberapa besar pangsa pasar keseluruhan, bandingkan antara satu perusahaan dengan perusahaan pesaingnya dari produk-produk yang dihasilkan perusahaan tersebut. Lakukan juga proyeksi bagi masa depan industri tersebut, apa bisa bertahan atau menurun.

Memgamati Pendapatan, Profit, dan Margin

Amati pendapatan, profit, dan margin pada laporan keuangan perusahaan yang terdapat pada dashboard pasar modal:

  • Selama dua tahun terakhir cek pendapatan (revenue) dan net income
  • Dalam laporan kuartal (kuartal I dengan kuartal II) cek perbandingan pendapatannya dengan laporan tahunan (tiga tahun terakhir).
  • Perhatikan tren terbaru apakah pertumbuhannya fluktuatif atau konsisten, atau terjadi perubahan besar melebihi 50% dalam setahun. Cek margin perusahaan apa tren secara umum naik, turun, atau tetap.
BACA JUGA KAWAN »  3 Kriteria Saham Syariah Yang Perlu Dipenuhi Menurut OJK Berikut Rekomendasi Produknya

Reputasi Manajemen dan Komposisi Kepemilikan Saham

Cara mendapatkan saham terbaik selanjutnya dengan mencari tahu mengenai reputasi  tokoh-tokoh kunci perusahaan tersebut untuk mengetahui seberapa luas pengalaman mereka, dan juga cari tahu apakah perusahaannya masih dijalankan para pendirinya atau oleh manajemen perusahaan.

Perhatikan Laporan Keuangan

Lihat laporan keuangan perusahaan, dengan memerhatikan hal penting ini:

  • Untuk dapat melihat aset dan liabilitas secara keseluruhan, Anda bisa perhatikan Laporan Keuangan Konsolidasi
  • Cek juga kesanggupan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendek dan total utang jangka panjang.
  • Agar Anda dapat melihat seberapa banyak ekuitas positif yang dimiliki  perusahaan bisab cek debt-to-equity rationya, kemudian bandingkan dengan data yang dimiliki pesaing agar mendapatkan perspektif yang lebih baik.
  • Perhatikan juga setiap catatan kaki pada laporan keuangan dan laporan tahunan/kuartal. Anda bisa melihat laporan keuangan yang ada di dashboard pasar modal.

Riwayat Harga Saham Setidaknya

Lihat riwayat harga saham  dalam 3 (Tiga) tahun terakhir agar mendapatkan Informasi mengenai proyeksi profit yang bisa didapat ke depannya.

Mencari Tahu Informasi Tambahan Berkaitan dengan Rencana Aksi Korporasi

Anda sebagai investor, perlu untuk menggali lebih jauh lagi beberapa hal berikut ini.

  • Perkiraan revenue dan profit dua sampai tiga tahun ke depan.
  • Tren jangka panjang yang sedang dialami industri
  • Informasi mengenai kerja sama, joint venture, dan lainnya.

Untuk menghindari informasi yang tidak benar, sebaiknya cek langsung informasi resmi dari website perusahaan

Memahami Risiko Perusahaan

Pahami jika setiap industri mempumyai tren dan risiko yang berbeda baik potensi keuntungan atau kerugian .

Itu dia cara mendapatkan saham terbaik agar bisa memberikan potensi hasil maksimal dalam jangka panjang. Hal ini akan baik daripada ikut-ikutan tren yang bisa menjebak Anda melakukan aksi jual beli hanya berdasar insting semata.

BACA JUGA KAWAN »  Anda Tahu Bank Jago? Berikut Ini Kelebihan dan Kekurangan Bank Jago

Pencarian Popular

apakah facebook ads bisa digunakan untuk cpa movie

Leave a Reply

Your email address will not be published.