Inilah Cara Menabung Saham untuk Investasi Jangka Panjang  

Inilah Cara Menabung Saham untuk Investasi Jangka Panjang  

Inilah Cara Menabung Saham untuk Investasi Jangka Panjang – Anda tentu sudah tidak asing dengan investasi saham, namun tahuka Anda mengenai tabungan saham yang belakangan juga digemari? Menabung saham merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut tabungan yang diletakkan di perusahaan tersebut, dengan tujuan untuk membeli sahamnya suatu hari.

 Saham yang ditanam pada suatu perusahaan akan digunakan untuk mengembangkan bisnis, baik produksi maupun jasa. Ketika perusahaan tersebut menghasilkan laba dan Anda membeli saham yang mereka miliki, maka keuntungan yang didapatkan perusahaan tersebut akan dibagi dengan Anda, sesuai dengan presentase saham yang dimiliki.

Untuk Anda yang tertarik untuk menabung saham, berikut adalah cara menabung saham yang baik dan benar. Dengan menerapkan tips tersebut Anda bisa dengan mudah meminimalisir adanya kerugian yang terjadi karena saham yang ditabung ternyata saham yang tidak menguntungkan.

Cara Menabung Saham untuk Keuntungan Jangka Panjang

  1. Pilih Perusahaan Sekuritas yang Tepat

Sebelum melakukan transaksi saham, trading, maupun proses menabung saham, Anda harus membuka rekening terlebih dahulu. Rekening tersebut Anda buka melalui perusahaan sekuritas yang terpercaya atau agen broker.

Nantinya Anda akan menggunakan akun tersebut untuk melakukan jual beli saham serta menjadi e-money untuk setiap transaksi yang Anda lakukan. Untuk menemukan perusahaan sekuritas tidak sulit, saat ini sudah tersedia banyak perusahaan keuangan seperti bank yang menyediakan perusahaan sekuritas yang bisa Anda akses.

  1. Buka Rekening Saham yang Dimiliki

Jika Anda hendak membuka rekening saham, Anda tidak harus datang langsung ke kantor Bursa Efek Indonesia. Kini proses pembuatan rekening bisa lebih mudah, termasuk cara menabung saham dengan menggunakan metode daring.

Untuk membuat rekening tersebut, beberapa syarat dokumen yang diperlukan adalah KTP atau paspor, fotokopi buku tabungan yang dimiliki, serta NPWP, fotokopi kartu keluara dan materai 6 ribu. Anda bisa menanyakan terkait syarat pembukaan rekening dengan bertanya langsung ke customer care yang tersedia.

  1. Tentukan Nominal Tabungan

Berikutnya adalah menentukan nominal tabungan yang hendak dibayarkan, Anda bisa memulainya dengan deposit sebesar 100 ribu rupiah saja. Jika Anda ingin menggunakan uang lebih, Anda diperbolehkan untuk melakukannya, namun usahakan tidak sampai menghabiskan tabungan yang Anda miliki.

BACA JUGA KAWAN »  Simak Cara Deposito Bank BCA Ini, Jenis Investasi dengan Risiko Minim

Cara menabung saham berikutnya adalah mengisi rekening tersebut dengan sejumlah uang. Teknis pengiriman uang bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari transfer bank, ATM, hingga melakukan transaksi di aplikasi atau platform yang disediakan perusahaan sekuritas.

  1. Mengunduh Aplikasi Trading

Setelah mengisi rekening, Anda bisa menabung saham dengan menggunakan platform aplikasi atau website yang disediakan. Pilih saham yang hendak Anda miliki, pastikan ia memang memberikan profit yang menguntungkan ke depannya. Untuk cari aman, Anda bisa memilih saham yang memiliki margin stabil dan fluktuitas sedang.

Selanjutnya tabung uang yang Anda miliki dan lakukan pembelian saham jika dana yang dimiliki sudah mencukupi. Ingat bahwa Anda minimal melakukan pembelian satu lot, tidak boleh kurang dari angka tersebut. dalam satu lot Anda akan mendapatkan 100 lembar saham.

Setelah memiliki saham, maka cara menabung saham sudah selesai dan Anda bisa memanfaatkan saham tersebut. Jika ingin menambah jumlah saham yang dimiliki, Anda bisa melakukan transaksi pembelian sesuai dengan ketentuan.

Demikianlah beberapa langkah terkait dengan cara menabung saham untuk pemula, semoga informasi tersebut dapat membantu Anda, terutama yang memiliki dana terbatas dan ingin memiliki saham sebagai investasi jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.