Cara Memilih Saham Syariah yang Memberikan Keuntungan

Cara Memilih Saham Syariah yang Memberikan Keuntungan

Cara Memilih Saham Syariah yang Memberikan Keuntungan – Aspek syariah seperti saham dan perbankan model tersebut mulai banyak digemari oleh masyarakat. Sebab ia memberikan keuntungan dengan transaksi yang mudah, nyaman, dan sesuai dengan syariat Islam.

Jika Anda tertarik dengan investasi, ada baiknya memilih investasi syariah karena memberikan banyak keuntungan. Berikut ini merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih saham syariah yang terpercaya dan memberikan keuntungan selama investasi dilakukan.

Ketahui Sistem Syariah yang Digunakan

Meskipun sama-sama menggunakan konsep syariah, namun kamu harus mengetahui seberapa banyak konsep syariah yang digunakan oleh perusahaan sekuritas tersebut. Harus diketahui bahwa perusahaan dengan konsep syariah tetap harus mendapatkan keuntungan atas setiap transaksi yang dilakukan.

Ini merupakan cara memilih saham syariah yang direkomendasikan, dengan mengetahui sistem syariah yang dipakai, Anda bisa mengetahui bagaimana prospek saham yang telah Anda miliki. Jika Anda memang hendak menggunakan saham tersebut sebagai investasi jangka panjang, sebaiknya kenali dengan baik saham dan perusahaan yang Anda miliki.

Ketahui Bagaimana Kinerja Perusahaan

Mengetahui kinerja perusahaan akan membuatmu tahu bagaimana saham yang Anda miliki bertahan di pasar saham. Apabila kinerjanya baik, tentu ia akan memiliki nilai jual yang tinggi. Untuk mengetahui apakah suatu perusahaan memiliki kinerja yang baik, berikut beberapa aspek yang perlu Anda periksa:

  1. Pendapatan yang dimiliki oleh perusahaan syariah sekuritas yang Anda beli sahamnya.
  2. Laba bersih yang didapatkan oleh perusahaan tersebut.
  3. Laporan keuangan, baik bulanan maupun tahunan.
  4. Sentiment pasar terkait harga saham yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Apabila Anda sudah ahli dalam melakukan transaksi saham, cara memilih saham syariah ini tentu sudah Anda hafal di luar kepala. Berbeda dengan investor yang masih pemula, tips ini perlu Anda pahami dengan benar.

BACA JUGA KAWAN »  Rekomendasi saham untuk jangka panjang

Ketahui Budget atau Modal Milik Perusahaan

Setiap perusahaan tentu memiliki modal untuk melakukan transaksi, karena itu Anda harus mengetahui apakah perusahaan sekuritas syariah yang Anda beli memiliki keterbatasa modal. Jangan sampai Anda membeli saham dengan harga yang mahal namun ketika menjualnya Anda mengalami kerugian.

Jika budget yang Anda miliki terbatas, Anda bisa memilih lot saham syariah dengan harga yang terjangkau. Ingat untuk membaca dengan rinci surat perjanjian dan ketentuan yang dimiliki, sehingga tidak menyulitkan Anda ke depannya ketika hendak melakukan transaksi.

Tentukan Tujuan Anda Melakukan Investasi

Menentukan tujuan investasi juga penting sebelum Anda memilih saham yang hendak dibeli. Cara memilih saham syariah bisa Anda kesampingkan dulu dan ketahui dengan baik untuk apa Anda melakukan investasi. Umumnya untuk saham syariah, keuntungan yang didapatkan bisa jangka pendek, menengah dan panjang.

Jika Anda memilih untuk melakukan investasi jangka panjang, maka jenis saham syariah yang bisa Anda beli adalah saham dengan margin dan likuiditas stabil. Ini akan memberikan keuntungan jangka panjang, sebab resiko yang dimiliki tidak terlalu tinggi.

Ketika harga saham yang Anda pilih turun, Anda bisa melakukan dua pilihan untuk menghindari kerugian, menjualnya atau tetap memegangnya sampai harganya naik lagi. Langkah tersebut bisa Anda lakukan untuk mencapai tujuan investasi yang sebelumnya telah Anda persiapkan.

Demikianlah cara memilih saham syariah yang sebaiknya Anda praktekkan ketika hendak melakukan pembelian jenis saham tersebut. Untuk membelinya Anda bisa menggunakan perusahaan sekuritas syariah atau lembaga lain yang menyediakan saham syariah sebagai salah satu produknya.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.