Cara Membeli Saham Bagi yang Baru Mulai investasi

 Cara Membeli Saham Bagi yang Baru Mulai investasi

 Cara Membeli Saham Bagi yang Baru Mulai investasi – Saham menjadi instrumen yang saat ini menjadi populer dalam dunia investasi. Hal ini terjadi karena saham atau surat kepemilikan perusahaan dapat memberikan return atau imbal hasil paling tinggi dibandingkan instrumen investasi lainnya.

Bagi Anda yang tertarik ingin berinvestasi saham, berikut cara membeli saham bagi yang baru mulai investasi.

Memilih Perusahaan Sekuritas

Hall pertama yang harus dilakukan adalah harus memilih perusahaan sekuritas terlebih dahulu. Perusahaan sekuritas merupakan perusahaan yang sudah mendapatkan izin usaha dari OJK untuk melakukan kegiatan usaha.

Perusahaan ini bertugas sebagai perantara pedagang efek, pihak penjamin emisi efek, atau kegiatan lainnya yang sesuai dengan ketentuan dan peraturan pengawas pasar modal.

Melakukan Registrasi Rekening

Untuk bisa membeli saham secara online ini hanya dapat dilakukan jika Anda telah memiliki Rekening Dana Investor (RDI) atau sub rekening efek atau Rekening Dana Nasabah (RDN). Dengan rekening ini Anda dapat melakukan aktivitas transaksi jual beli saham.

Saat ini dengan hanya menyediakan data yang dibutuhkan pembukaan rekening efek semakin dimudahkan dan bisa dilakukan secara online. Berikut sekuritas yang menawarkan pembukaan rekening secara online:

  • BCA Sekuritas: bcasekuritas.co.id/account-opening/retail
  • BNI Sekuritas: bnisekuritas.co.id/onlinetrading/registrasi/
  • CGS-CIMB Sekuritas: register.cgs-cimb.co.id
  • Ekuator Swarna Sekuritas: ie-registration.ekuator.co.id
  • Indo Premier Sekuritas: indopremier.com/lpregister
  • Jasa Utama Capital Sekuritas: register.juc.co.id
  • Mandiri Sekuritas: register.most.co.id
  • MNC Sekuritas: mncsekuritas.id/opening_account/2
  • Mirae Asset Sekuritas: open.miraeasset.co.id/id
  • Panin Sekuritas: register.pans.co.id
  • Phillip Sekuritas: poems.co.id/Home/OpenAccount
  • Sinarmas Sekuritas: financial.sinarmassekuritas.co.id/simas.net/reginternet/reginternet.asp?digisign=DGS
  • Trimegah Sekuritas: trima.trimegah.id/register

Cek Deposit Awal

Anda sudah bisa membeli saham perdana, setelah rekening efek resmi terdaftar. Cara membeli saham segera cek deposit awalnya karena setiap perusahaan sekuritas mematok deposit awal yang berbeda.

BACA JUGA KAWAN »  Cara Menghitung Nilai Investasi Asuransi Prudential Setelah 10 Tahun dan Cara Mencairkannya

Setor Dana untuk Deposit Awal

Anda akan mendapatkan konfirmasi dari perusahaan sekuritas setelah pendaftaran dilakukan. Selanjutnya Anda setor untuk deposit awal untuk melakukan transaksi di pasar modal. Pemyetoran ini bisa ditransfer melalui fasilitas keuangan seperti ATM, mobile banking, ataupun internet banking.

Baca atau Tonton Tutorial Jual Beli Saham

Perusahaan sekuritas juga memfasilitasi semaksimal mungkin dengan adanya tutorial atau panduan bagaimana cara menggunakan aplikasi dan membeli saham. Lakukan analisa secara fundamental atau perhatikan komponen dalam perusahaan yang bisa membuat Anda menentukan apakah saham perusahaan bisa dikoleksi.

Saatnya Membeli Saham

Setelah Anda memelajari dan menguasai ilmu yang dibutuhkan untuk membeli saham, selanjutnya cara membeli saham, pastikan Anda memilih saham yang masuk dalam daftar indeks Bursa Efek Indonesia.(BEI) agar tidak terkecoh saham yang tidak bagus.

Indeks saham adalah ukuran pergerakan harga saham yang digambarkan secara keseluruhan yang telah dipilih berdasarkan kriteria dan telah dievaluasi secara berkala. Anda bisa mempertimbangkan untuk memasukan deretan indeks dalam portofolio Anda antara seperti antara lain LQ45, IDX30, IDX Value 30, IDX Growth 30, IDX High Dividend 20, hingga Jakarta Islamic Index (JII).

Anda juga harus perhatikan untuk membeli saham minimal pembelian saham adalah sebanyak 1 lot. Dengan pembelian 1 lot, Anda akan mempunyai 100 lembar saham. Misalnya  1 lot sebuah saham A sebesar 500 rupiah, Jika Anda akan membeli saham A berarti  tinggal mengalikan 500 rupiah dengan 100 lembar saham sehingga Rp50.000 untuk setiap lot nya.

Lakukan Diversifikasi Saham

Agar investasi saham Anda aman, Anda bisa lakukan diversifikasi saham dengan menyinoan saham di beberapa tempat yang berbeda. Sehingga jika salah satu saham mengalami penurunan, masih ada saham lainnya.

BACA JUGA KAWAN »  Ketahuilah Cara Memilih Saham Untuk Trading Harian Yang Tepat

Itu dia cara membeli saham bagi Anda yang baru mulai investasi, Anda bisa memelajari lebih banyak hal lagi sebelum benar-benar terjun ke dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.