Jangan Bingung, Begini Tips Main Saham Bagi Pemula

Jangan Bingung, Begini Tips Main Saham Bagi Pemula

Jangan bingung, begini tips main saham bagi pemula. Investasi saham makin dilirik banyak orang, lantaran untung besarnya yang menggiurkan. Karena itu, tidak heran jika banyak orang mulai mempelajari investasi ini lebih dalam.

Berinvestasi saham memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Selain itu, risikonya juga terbilang cukup fatal bila sembarangan berinvestasi. Itulah yang membuat sebagian orang maju mundur untuk memulainya.

Namun, Anda tidak perlu ragu dan takut dulu sebelum mulai. Ini dia tips main saham bagi pemula yang sebaiknya diikuti. Simak sampai selesai, ya!

Pahami Betul Tentang Investasi Saham

Main terjun langsung tanpa bekal ilmu dalam investasi apa pun, sama seperti orang buta meraba gajah. Terlebih apabila dorongan investasi saham hanya untuk meraih untung besar dalam waktu cepat. Perlu Anda tahu bahwa tidak ada yang instan, termasuk investasi saham.

Daripada berharap begitu, lebih baik pahami dulu esensi dari investasi saham. Anda bisa membaca-baca di internet, buku-buku tentang saham, atau bertanya pada teman yang menggeluti dunia saham. Tips main saham bagi pemula yang satu ini akan sangat memengaruhi pandangan dan sikap Anda ketika menghadapi risiko yang bisa datang kapan saja.

Pilih Saham Blue Chip

Supaya lebih aman, pemula sebaiknya memilih saham blue chip sebagai langkah awal. Saham blue chip sendiri merupakan saham yang berasal dari perusahaan berkualitas paling bagus yang dijual dalam bursa efek Indonesia. Blue chip adalah jenis saham yang paling aman serta menjanjikan untung yang stabil.

Di bursa efek Indonesia sendiri ada beberapa saham blue chip yang direkomendasikan. Di antaranya adalah Unilever Indonesia, bank BCA, juga bank BRI. Tips main saham bagi pemula ini sebaiknya diterapkan, karena ketiga saham blue chip tersebut punya pasar yang luas. Keamanannya pun lebih terjamin.

BACA JUGA KAWAN »  Saham Blue Chips, Saham Incaran yang Menguntungkan

Melakukan Diversifikasi

Berinvestasi saham memang bagus, tapi sebagai pemula, lebih baik Anda tidak menginvestasikan semua uang Anda di saham. Karena apa? Risiko bermain saham tidak main-main, sebanding dengan untungnya yang juga besar. Untuk menghindari risiko ini, sebaiknya Anda melakukan diversifikasi investasi. Sisihkan uang dalam dana darurat untuk berjaga-jaga jika ada goncangan ekonomi di pasar saham, misalnya. Atau gunakan instrumen investasi yang lain selain saham.

Trading Online, Nanti Dulu

Tips main saham bagi pemula selanjutnya adalah jangan mudah tergiur dengan trading online. Memang, siapa yang tidak tertarik dengan keuntungan besar dan cepat seperti yang ditawarkan trading online? Namun, hal tersebut di beberapa poin justru bertentangan dengan prinsip investasi saham yang merupakan investasi jangka panjang.

Selain itu, dengan bermain trading online, artinya Anda harus memantau pergerakan saham setiap hari atau trading day. Hal tersebut tentu membutuhkan waktu dan tenaga. Bisa jadi, Anda tidak akan bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

Sementara itu, investasi saham di perusahaan atau broker adalah sebuah proses bisnis yang hasilnya tidak mungkin tercapai per hari. Semuanya butuh proses, dan Anda tidak perlu repot-repot terlibat dalam proses tersebut. Sudah dikelola oleh para profesional di perusahaan. Tips main saham bagi pemula yang perlu diperhatikan adalah sadar betul bahwa keuntungan saham tidak bisa dinikmati secara instan. Sabar.

Nah, itu dia beberapa tips main saham bagi pemula yang patut Anda perhatikan sebelum benar-benar menggeluti dunia saham. Bagaimana, sudah makin siap untuk investasi saham? Jangan lupa untuk memperhatikan modal yang Anda miliki, karena sekarang investasi saham sudah bisa dilakukan dengan modal kecil.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *