Mengenal Saham Preferen dan Berbagai Hal di Sekitarnya

Mengenal Saham Preferen dan Berbagai Hal di Sekitarnya

Mengenal Saham Preferen dan Berbagai Hal di Sekitarnya – Saham merupakan salah satu bagian dari investasi yang sering dilakukan terutama di perusahaan besar. Hampir setiap perusahaan besar di Indonesia memiliki saham sebagai investasi dari para investor yang terlibat di dalamnya.

Jenisnya pun beragam dan bisa dilihat dari berbagai sisi. Nantinya hal tersebut akan diperjualbelikan melalui perantara pasar modal serta beberapa perusahaan atau lembaga. Tujuannya tidak lain untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar setelah diperjualbelikan dengan sistem yang sesuai.

Salah satu jenisnya ialah saham preferen yang pemegangnya mempunyai hak lebih banyak dibandingkan dengan hak pemilik saham biasa. Pemegangnya akan memperoleh dividen terlebih dahulu dan memiliki hak suara yang lebih dibandingkan dengan pemegang saham biasa. Salah satu contohnya seperti hak suara dalam pemilihan direksi di sebuah perusahaan.

Hal tersebut akan dilakukan oleh manajemen agar pembayaran dividen tersebut tidak membuat direksi menjadi lengser. Saham ini memiliki karakteristik gabungan yaitu antara obligasi dan juga saham biasa. Alasannya dikarenakan jenis ini bisa menghasilkan pendapatan tetap seperti bunga obligasi.

Hampir Mirip dengan Obligasi

Persamaannya dengan obligasi yaitu terdapat klaim atas keuntungan serta aktiva sebelumnya dalam perusahaan yang dimaksud. Dividennya bersifat tetap selama masa berlaku atas saham tersebut. Selain itu, dalam jenis ini juga terdapat hak yang bisa dipertukarkan atau convertible terhadap saham biasa.

Pada saham preferen ini Anda harus memahami bahwa pada dasarnya prinsip yang digunakan hampir mirip dengan obligasi namun perbedaannya juga sudah sangat jelas. Untuk membedakannya dengan jenis biasa maka Anda bisa melihat kode saham pada Bursa Efek Indonesia atau BEI.

Kode Saham

Setiap kode untuk saham selalu terdiri dari 4 huruf yang tertera pada BEI. Jika terdapat 1 huruf tambahan yaitu huruf P itu artinya saham ini ialah preferen. Contoh preferen yang ada di pasar modal Bursa Efek Indonesia ialah PT Mas Murni Tbk dengan kode MAMIP. Perusahaan tersebut bergerak dengan menggunakan modal berupa preferen.

BACA JUGA KAWAN »   Cara Membeli Saham Bagi yang Baru Mulai investasi

Untuk membedakan antara saham preferen dengan jenis biasa memang cukup mudah dan hanya terlihat dari kode dengan huruf P. Tambahan kode berupa huruf P ini selalu terletak pada bagian akhir kode. Apapun penamaannya huruf tersebut akan tetap disertakan meskipun penulisannya terlihat cukup rancu.

Banyak orang yang memilih jenis ini karena beberapa faktor cukup mendukung dan bisa memperoleh hak suara yang lebih besar dibandingkan jenis biasa. Pemilik saham bisa memiliki kontribusi yang lebih besar dalam perusahaan ini jika menggunakan sistem preferen untuk saham tersebut.

Setiap pengaturannya tetap sama yaitu menggunakan pasar modal dan menginduk pada Bursa Efek Indonesia. Selain itu, terdapat lembaga atau perusahaan yang menjadi perantara dalam proses jual beli saham ini. Nantinya Anda bisa terhubung dengan pembeli saham serta pemerintah sebagai pengawas tertinggi jual beli saham ini.

Saham preferen ini bisa Anda pilih agar bisa lebih mendominasi dalam sistem perusahaan dengan investasi saham. Sama seperti pengelolaan saham secara umum untuk jenis saham ini Anda juga harus melakukan pengawasan serta pengelolaan yang sangat tepat.

Meskipun Anda memiliki hak yang lebih besar pada saham preferen ini tetap saja berbagai risiko bisa saja terjadi. Untuk itu, sangat penting bagi Anda agar bisa mempelajari dan memahami setiap hal-hal yang berhubungan dengan jenis saham ini termasuk risiko dan berbagai kebutuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *