Istilah Investasi Saham yang Wajib Untuk Anda Pahami

Istilah Investasi Saham yang Wajib Untuk Anda Pahami

Istilah Investasi Saham yang Wajib Untuk Anda Pahami – Investasi saat ini menjadi salah satu langkah keuangan penting yang sering diambil banyak kalangan untuk mengamankan nilai aset yang dimiliki. Ada berbagai jenis investasi yang saat ini dipilih masyarakat untuk meningkatkan nilai asetnya, salah satunya adalah investasi saham.

Jika sebelumnya investasi saham dinilai hanya mampu dilakukan oleh para petinggi dengan nilai aset berlimpah, saat ini hampir setiap lapisan masyarakat bisa mengikuti investasi yang satu ini. Namun tentu Anda harus memiliki pemahaman yang cukup agar proses investasi saham yang diikuti benar-benar bisa memberikan manfaat dan meningkatkan nilai aset Anda.

Proses pemahaman ini bisa Anda mulai dengan mempelajari istilah investasi saham yang akan sering Anda gunakan selama berinvestasi nantinya. Istilah penting dalam dunia investasi saham yang harus Anda pahami diantaranya :

  1. Blue Chip

Blue chip merupakan istilah jenis saham dengan kapitalis pasar yang tinggi (pasar saham dengan nilai yang mahal) dengan nilai diatas 10 triliun. Jenis pasar saham yang berada di bawah blue chip adalah medium chip dan small chip dengan kapitalisasi pasar 500 miliar hingga 10 triliun serta dibawah 500 miliar.

  1. Profit Taking

Profit taking merupakan istilah yang menunjukkan proses dimana para investor mengambil keuntungan dari saham yang dimiliki dengan cara menjual sebagian atau seluruh saham yang dimiliki pada periode tertentu. Proses profit taking ini biasanya dilakukan saat nilai saham yang dimiliki berada pada nilai yang cukup tinggi dibandingkan dengan harga pasaran biasa.

  1. Cut Loss

Cut loss merupakan istilah investasi saham yang berarti menghentikan atau membatasi kerugian yang dialami. Cara kerja cut loss cukup mirip dengan profit taking dimana para investor akan menjual saham yang dimilikinya, namun kondisi penjualan cukup berbeda. Cut loss biasa dilakukan jika nilai saham mulai menurun sehingga harus segera dijual sebelum benar-benar menimbulkan kerugian.

  1. IPO

IPO merupakan singkatan dari initial public offering yang berarti momen saat sebuah perusahaan pertama kalinya mencatat perusahaannya di bursa efek. Setelah perusahaan menyatakan IPO, maka saham dari perusahaan tersebut bisa diperjualbelikan sesuai dengan aturan yang berlaku.

  1. Buyback

Istilah buyback sendiri merupakan istilah yang menunjukkan bahwa perusahaan emiten atau pemilik asli saham yang diperjualbelikan membeli kembali saham dari perusahaannya yang telah beredar di publik. Emiten akan melakukan buyback tergantung pada kondisi perusahaan yang dialami, seperti saat perusahaan mengalami keuntungan besar dan ingin mengambil alih seluruh saham yang ada.

  1. Bearish Dan Bullish

Kedua istilah investasi saham ini bisa menunjukkan potensi keuntungan dan kerugian sebuah saham. Bearish merupakan kondisi untuk saham yang berpotensi mengalami penurunan nilai, sedangkan bullish merupakan kondisi untuk saham yang berpotensi mengalami kenaikan nilai.

Baca Juga  Ketahuilah Cara Memilih Saham Untuk Trading Harian Yang Tepat

Itulah beberapa istilah penting dalam dunia investasi saham yang perlu Anda pahami sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke dunia investasi saham. Selain istilah di atas, ada puluhan hingga ratusan istilah lain yang perlu untuk Anda pelajari kembali jika Anda benar-benar ingin berkecimpung di dunia investasi saham.

Memahami istilah-istilah tersebut pada dasarnya bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengamankan aset Anda. Dengan memahami istilah yang digunakan dalam dunia investasi, tentu Anda tidak akan mudah tertipu oleh oknum-oknum yang ingin mengambil keuntungan sepihak melalui aset Anda.

Memahami istilah investasi saham juga bisa membantu Anda lebih mudah memahami cara yang tepat untuk mendapatkan keuntungan berlimpah dari dunia investasi. Jika Anda mempelajarinya dengan serius, maka investasi saham mungkin bisa menjadi jalan terbaik untuk meraih kondisi finansial yang seimbang di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *