Perhatikan Hal-hal Penting Ini Sebelum Investasi Saham!

Perhatikan Hal-hal Penting Ini Sebelum Investasi Saham!

Perhatikan hal-hal penting ini sebelum investasi saham! Kesadaran untuk berinvestasi tampaknya mulai gencar di masyarakat milenial. Hal ini terbukti dari meningkatnya penjualan instrumen-instrumen investasi jangka panjang. Sebagian orang memilih investasi tak bergerak tapi menjanjikan, seperti tanah atau emas.

Sebagian lainnya yang sudah paham mengenai saham, memilih saham sebagai instrumen investasi. Tak hanya menjanjikan untung besar, bermain saham artinya juga siap mengambil risiko yang bisa terjadi. Karena itu, sebelum benar-benar memulai investasi ini, ada baiknya tahu dulu apa saja hal penting yang harus diperhatikan!

Perhatikan Modal yang Dimiliki

Setiap investasi tentu memerlukan modal, tak terkecuali dengan investasi saham. Pertama, penting disadari bahwa semakin banyak investor mengeluarkan modal, risiko yang dihadapi juga akan semakin besar. Sistem ini hampir sama dengan taruhan dan untung-untungan.

Karena itu, jika merasa masih pemula dalam dunia saham, tidak usah keburu nafsu mengeluarkan banyak modal. Mulailah perlahan dengan modal yang tidak terlalu besar. Perhatikan berapa modal yang dimiliki, jangan sampai niat berinvestasi malah jadi tekor. Ingat, investasi adalah dana khusus, bukan dana yang diambil dari dana kebutuhan lain.

Perhatikan Broker yang Akan Dipilih

Hal penting dalam investasi saham lainnya yang patut diperhatikan berkaitan dengan broker. Mencari broker yang tepat bisa dengan bertanya pada teman yang sudah berpengalaman, atau searching di internet.

Yang perlu diperhatikan adalah, bahwa fitur dan pengaturan setiap broker bisa sangat berbeda. Jangan bingung, ada beberapa tolok ukur yang bisa digunakan investor untuk mengetahui apakah itu broker yang tepat atau bukan.

Hal tersebut antara lain, riset, minimum akun, juga biaya yang ditawarkan setiap broker. Untuk mencari aman, investor bisa mulai dari investasi saham online. Platform investasi online semacam ini biasanya tidak membutuhkan banyak pembelajaran.

Baca Juga  Saham untuk Jangka Panjang yang Terpercaya

Ketahui Darimana Mendapat Untung

Berinvestasi dengan saham memang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Namun, sebelum memulainya, investor harus tahu lebih dulu darimana keuntungan tersebut datang. Bermain saham memang butuh ilmu jika tidak ingin cepat bangkrut.

Keuntungan yang didapat dari investasi saham ini antara lain dividen dari broker atau perusahaan. Dividen adalah bagi hasil dari keuntungan saham yang diperoleh. Ada juga keuntungan yang didapat dari capital gain, atau selisih hasil jual saham dengan harga belinya. Selain itu, masih ada lagi keuntungan yang bisa didapat dari saham.

Pertimbangkan Reksadana

Reksadana bisa menjadi pertimbangan yang efektif jika investor tidak mau mengambil risiko tinggi. Dengan bermain reksadana lebih dulu, artinya investor sedang bermain saham secara menyeluruh di dalam indeks tersebut. Reksadana juga menjadi alternatif jika modal investor terbatas.

Istilah sederhananya, investasi saham dengan reksadana berarti sedang melakukan investasi dalam banyak pilihan saham. Sehingga, risikonya pun relatif lebih kecil dibanding bermain saham secara individual.

Perhatikan Profil Risiko

Hal ini tampaknya sepele, tapi perlu diperhatikan dalam berinvestasi apa pun, termasuk saham. Profil risiko merupakan tingkat toleransi individu terhadap sebuah risiko. Untuk mengetahui profil risiko, bisa dengan mengisi kuis di internet.

Jika misalnya hasil yang ditunjukkan adalah toleransi risiko rendah, artinya investor tidak bisa menerima risiko yang tinggi. Mengingat investasi saham bisa saja berisiko tinggi, dengan hasil tersebut sebaiknya berpikir ulang untuk melakukan investasi ini.

Nah, itu dia beberapa hal penting yang patut diperhatikan seorang investor dalam melakukan investasi saham. Bagaimana, semakin tertarik untuk berinvestasi, atau justru jadi berpikir ulang? Tak perlu memaksakan diri jika memang belum sesuai untuk berinvestasi saham. Masih banyak jenis investasi lainnya yang mungkin cocok dengan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *