Tips Berinvestasi Untuk Para Pelajar Dan Mahasiswa

Tips Berinvestasi Untuk Para Pelajar Dan Mahasiswa

Tips Berinvestasi Untuk Para Pelajar Dan Mahasiswa. Mungkin menurut banyak orang, hal ini cukup berisiko, pasalnya berinvestasi saham sekarang ini memang bukanlah hal yang tabu baik itu pelajar maupun mahasiswa. Bahkan seorang miliarder Warren Buffet sendiri sudah mulai berenvestasi saham sejak dia berumur 11 tahun.

Lantas bagaimana cara supaya mereka dapat melakukan investasi saham ? sementara disisi lain ilmu dalam investasi bisa dibilang masih terbilang minim. Sehingga potensi dari kerugianpun akan membayangi. Menurut One Shield Consulting Budi Raharjo berkata beberapa hal yang dapat dilakukan serta menjadi perhatian bagi pelajar maupun mahasiswa yang ingin berinvestasi saham.

Aitu mumpung masih menjadi mahasiswa, pengenalan fondasi keuangan yang baik itu sangat diperlukan. Disisi lain sebagai mahasiswa tentunya memiliki kelebihan fleksibelitas untuk penggunaan dana terbatas. Sehingga terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan bagi mereka yang memang ingin terjun ke dunia saham.

1 . Mulailah Dari Reksa Dana

Semua orang tentunya pasti mengatakan bahwa sebagai pemula Anda bisa memulainya dengan reksa dana untuk beljar berinvestasi saham. Pasalnya di reksa dana selain mudah juga memiliki risiko yang minim dibanding yang lain. Disisi lain platform ini di klaim sebagai platform yang sangat mudah diakses serta low risk untuk Anda para pemula.

Pasalnya sudah terdapat manager investasi yang nantinya akan mengolah dana Anda. Nah dengan demikian potensi rugi pun cukup rendah. Disisi lain dengan reksa dana proses pembelajarannya jauh lebih mudah karena adanya manager investasinya.

Kemudian platform ini mempunyai wadah untuk para investor untuk melihat profil risiko untuk menentukan instrument yang nantinya akan dipilih. Kemudian akan jauh lebih mudah dan terjangkau serta sesuai dengan tujuan, terutama dalam menyusun renacana baik itu jangka panjang maupun jangka pendek.

Baca Juga  Begini Plafon Pinjaman Bank dari Berbagai Bank yang Sudah Dikenal Masyarakat

2 . Memilih Saham

Memilih saham pada saat Anda ingin terjun dan memulai investasi saham, pemilihan saham blue chip serta fundamental yangbaik pastinya dapat memudahkan Anda sebagai pemula untuk mendapatkan keuntungan. Nah Anda pun dapat memilih saham dari historisnya, ataupun mereka mampu bertahan dalam berbagai kondisi sulit maupun volatile.

Disisi lain supaya Anda tidak salah dalam pemilihan saham, lebih baik Anda membutuhkan mentor yang nantinya dapat mengajari Anda untuk melakukan trading saham. Ketahuilah untuk mengusai investasi saham itu membutuhkan kurang lebih 2 hinga 5 tahun sebagai pemula dapat memahami kondisi psar serta menjadi investor yang mandiri nantinya.

3 . Mempunyai Asuransi Kesehatan

Punya asuransi kesehatan sekarang ini tentunya biaya kesehatan memang bukanlah biaya yang murah, ketika pelajar maupun mahasiswa memutuskan untuk terjun ke dunia investasi, pastinya biaya serta risiko yang dikeluarkan pun tidaklah sedikut. Sehingga dengan adanya pertanggungan tersebut dapat mengurangi beban biaya besar jika Anda harus berobat. Hal ini tentunya sangat penting sekali sebagai dana tidak terduga terutama untuk kesehatan.

4 . Persiapkan Dana Darurat

Ketika Anda memulai investasi saham dan sebagai pelajar maupun mahasiswa tentunya menjadi pengalaman baru untuk mempersiapkan dana darurat. Hal ini tentunya sangat penting sekali dilakukan. Hal tersebut untuk berjaga – jaga jika investasi saham yang dilakukan tidak berjalan dengan lancar.

Umumnya baik itu mahasiswa terutama pelajar pasti penghasilannya dari orang tua, akan tetapi mengalokasi keuangannya dalam bentuk kas itu diperlukan. Sehingga sangat penting sekali mempunyai tabungan darurat untuk berjaga – jaga.

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai tips cerdas investasi saham untuk pelajar maupun mahasiswa. Semoga menjadi bermanfaat dan menjadi referensi yang baik untuk Anda para pelajar maupun mahasiswa yang ingin mulai berinvestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *