cara memilih saham untuk trading

Cara Memilih Saham Untuk Trading

Beginilah Cara Memilih Saham Untuk Trading Harian Yang Tepat – Dalam dunia trading saham, tentunya Anda sudah mengetahui bahwa ada cukup banyak saham yang bisa dipilih. Setiaap hari perdagangan, terdapat ratusan saham yang siap diperdagangan di lantai bursa dan Anda bisa memilih saham-saham sesuai dengan yang Anda inginkan.

Kalau Anda termasuk trader saham harian, tentunya perlu mencari tahu saham apa saja yang berpotensi untuk bisa memberikan keuntungan diantara sekian banyak saham-saham yang tersedia tersebut. Sebagai seorang trader harian/intraday trader, tentunya Anda perlu lebih cermat dan teliti dalam memilih saham yang tepat. Sebagai gambaran, berikut adalah beberapa referensi yang patut diperhatikan mengenai cara pemilihan saham untuk trading harian.

1. Mempertimbangkan Faktor Lukuiditas Saham

Cara pertama yang perlu Anda pertimbangkan apabila ingin memilih saham untuk trading harian adalah dengan mempertimbangkan faktor likuiditas yang dimilikinya. Secara sederhana, likuuiditas adalah kemudahan saham untuk dijual kembali sehingga Anda bisa mendapatkan sejumlah uang tunai dari transaksi penjualan saham tersebut.

Saham yang memiliki tingkat likuiditas cukup baik pada umumnya memiliki volume yang tinggi. Volume besar saham ini memungkinkan Anda untuk bisa melakukan transaksi saham dengan jumlah lot yang lebih besar tanpa terlalu memberikan pengaruh pada harga saham tersebut secara signifikan.

Mengingat bahwa seorang trader harian sangat bergantung pada kecepatan waktu transaksi dan juga momen transaksi yang tepat maka Anda akan membutuhkan volume perdagangan yang cukup tinggi setiap harinya. Dengan transaksi saham dalam volume yang relatif tinggi ini, Anda bisa keluar-masuk pasar saham (market) secara lebih mudah dengan potensi keuntungan yang cukup signifikan.

2. Pertimbangkan Tingkat Volatilitas Pasar

Cara memilih saham untuk trading harian yang bisa Anda pertimbangkan selanjutnya adalah dengan melihat tingkat volatilitas yang dimilikinya. Bagi seorang trader harian, margin harga saham yang signifikan merupakan kunci utama untuk bisa menghasilkan uang dari transaksi perdagangan saham tersebut.

Baca Juga  Inilah Beberapa Jenis Saham Preferen, Pemula Wajib Paham

Oleh sebab itu, seorang trader saham harian  yang melakukan jual-beli saham dihari yang sama sangatlah membutuhkan tingkat pergerakan harga yang signifikan di pasaran saham. Maka dari itu, para trader saham harian seharusnya memilih saham-saham yang cenderung mengalami banyak pergerakan harga (memiliki tingkat volatilitas tinggi).

Saham-saham dengan tingkat pergerakan di atas 3% perhari akan dapat memiliki margin pergerakan harga harian yang cukup signifikan untuk diperdagangkan. Maka dari itu, mempertimbangkan tingkat volatilitas yang dimiliki oleh suatu jenis saham adalah hal yang tidak boleh diabaikan oleh para trader harian.

3. Memilih Saham Dari Jenis Sektor Yang Diuntungkan

Pada umumnya, saham-saham dalam sektor atau kelompok yang diuntungkan akan memiliki pergerakan sesuai dengan kelompoknya. Hal ini berarti bahwa pada saat indeks atau sektor tersebut bergerak naik, maka harga dari masing-masing saham penghuni sektor dan indeks tersebut juga akan mengalami peningkatan.

Sebagai seorang trader saham harian, Anda bisa memilih beberapa saham dalam sektor-sektor yang diuntungkan di setiap periodenya. Selama sektor saham tersebut masih dalam kondisi yang baik maka peluang saham tersebut bisa diperdagangkan pun akan menjadi semakin besar.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk memantau potensi sektor-sektor yang menguntungkan adalah dengan menyimak dan mempertimbangkan berita update terbaru karena biasanya Anda bisa mendapatkan insight mengenai sektor saham mana yang berpotensi untuk bisa memberikan keuntungan.

Demikianlah beberapa cara memilih saham untuk trading harian yang perlu Anda perhatikan. Berangkat dari adanya beberapa tips yang telah disampaikan tersebut, Anda tidak perlu lagi bingung ketika  ingin memilih saham-saham yang tepat untuk diperdagangkan setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *