5 Penyebab Mobil Avanza Mati Mendadak

5 Penyebab Mobil Avanza Mati Mendadak

Mobil Avanza kesayangan tak mau menyala atau terkadang mati ketika berkendara seringkali membuat resah. Tak jarang pengendara panik karena kurangnya pengetahuan penyebab mobil Avanza mati mendadak. Jika sudah begini, lebih baik meminggirkan mobil di tempat aman. Lalu pasang segitiga pengaman sekitar 30-50 meter dari lokasi mobil untuk memperingati pengendara lain.

Ada berbagai alasan mengapa mobil bisa mati mendadak, bisa dari bensin, aki, atau hal lainnya. Alasan tersebut mungkin juga dilatarbelakangi pemakaian yang buruk, kecacatan dari pabrik, atau faktor eksternal seperti bekas kecelakaan. Untuk mengetahui apa saja penyebabnya, berikut adalah alasan mengapa mobil Avanza bisa mati mendadak:

1. Bensin Habis

Bensin habis lebih sering diakibatkan oleh kelalaian pengendara itu sendiri. Lupa mengecek kondisi bensin atau melewati pos pengisian bensin ketika bensin seharusnya diisi. Tetapi adapula faktor lainnya yang membuat pengemudi tidak mengetahui kondisi bensin, misalnya kerusakan indikator bensin. Permasalahan ini bisa saja disebabkan oleh fuel sender atau pelampung yang rusak.

Fuel sender seharusnya menjadi pengirim informasi kepada indikator bensin, sehingga pengemudi dapat mengetahui kondisi bensin setiap waktu. Selain itu, kondisi kelistrikan juga bisa mempengaruhi permasalahan tersebut. Ada beberapa ciri yang mengindikasikan indikator bensin rusak. Beberapa diantaranya seperti jarum yang tiba-tiba turun drastis dan jarum tidak turun ketika seharusnya bensin habis.

2. Alternator

Alternator berfungsi untuk mengalirkan listrik ke aki sehingga aki terisi kembali. Prinsipnya adalah dengan mengkonversikan energi mekanik menjadi energi listrik ketika mobil berjalan. Selain itu, aki berfungsi sebagai baterai untuk menyuplai listrik ke seluruh komponen mobil. Dari sini bisa dilihat bahwa sistem listrik dalam mobil bisa dibilang penting.

Alternator biasanya dimiliki oleh mobil-mobil modern. Kondisi alternator yang kurang baik bisa sangat mempengaruhi kondisi mobil, terutama mobil modern yang bergantung pada sistem kelistrikan. Starter mobil pun membutuhkan listrik sehingga jika kondisi kelistrikan bermasalah, maka mobil akan sulit dihidupkan. Ciri-ciri yang bisa diperhatikan seperti bau terbakar, suara decitan, lampu sorot redup, dan lain-lain

Baca Juga  7 Cara Memperbaiki Aki Mobil yang Tekor Tanpa Bawa ke Bengkel

3. Starter Mobil

Kerusakan starter mobil bisa menjadi salah satu penyebab mobil Avanza mati mendadak. Starter berfungsi untuk menyalakan mobil. Prinsip kerjanya adalah dengan memicu pembakaran di dalam internal-combustion engine. Pembakaran akan memicu energi kinetik sehingga mobil bisa bergerak. Dari prinsip kerja bisa dilihat bahwa problem dalam proses pembakaran dapat mengakibatkan mobil sulit dihidupkan.

Permasalahan dalam starter mobil bisa saja terjadi seiring pemakaian berkala. Terlalu sering pemakaian menyebabkan starter menjadi tidak sensitif lagi. Kerusakan starter bisa diketahui melalui beberapa kondisi seperti adanya bunyi gemericik atau mendesing, mesin susah menyala walaupun sudah panas, dan mobil tidak bereaksi ketika distarter.

4. Sistem Pengapian

Sistem pengapian sangat penting dalam proses pembakaran. Hasil pembakaran kemudian akan dikonversi menjadi tenaga listrik untuk kerja mesin. Prinsip kerjanya adalah sistem pengapian dengan metode induksi elektromagnetik memicu bunga api pada busi yang menghasilkan sistem pembakaran. Dalam komponen sistem pengapian ada yang bernama ignition coil, berfungsi sebagai penghasil listrik tegangan tinggi.

Ada pula beberapa penyebab utama kerusakan sistem pengapian, seperti sekring. Putus tidaknya sekring akan mempengaruhi kerja ignition coil. Selain itu bisa pula karena sistem asupan udara yang tidak bekerja maksimal. Permasalahan pada air cleaner, filter udara, dan boks air cleaner dapat mempengaruhi kinerja dari sistem asupan udara.

5. Overheat

Air juga berguna pada rangkaian mobil. Umumnya air tertampung pada radiator mobil. Radiator berfungsi untuk menyalurkan air melalui saluran yang tersedia ke seluruh komponen mesin mobil. Air akan menyerap kalor panas dan membawanya kembali ke radiator. Kemudian suhu panas akan dibuang ke udara oleh radiator core, dan air akan kembali dingin untuk siap dialirkan lagi.

Baca Juga  Penyebab Pintu Mobil Tidak Bisa Dikunci Manual Dan Cara Memperbaikinya

Kondisi overheat pada mobil akan membuat air cepat menguap sehingga radiator cepat kehabisan air. Overheat bisa terjadi karena pemakaian yang terlalu sering atau kerusakan komponen lainnya. Umumnya kondisi overheat bisa diatasi dengan mengisi kembali radiator dengan air. Jika overheat terlalu parah, mintalah bantuan mekanik. Checking secara berkala untuk menghindari permasalah tersebut.

Demikianlah beberapa penyebab mobil Avanza mati mendadak. Jika permasalahan tertalu parah, lebih baik bawalah mobil ke bengkel untuk menghindari resiko lebih besar. Lakukanlah pengecekan mobil sesering mungkin mulai dari ban, bensin, hingga mesin untuk menjaga kenyamanan berkendara. Kenyamanan akan menghasilkan kesiagaan, kesiagaan menghasilkan keselamatan. Waspadalah dalam berkendara, keluarga menunggu di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *