Tak Perlu Panik, Berikut Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci dengan Gampang

Tak Perlu Panik, Berikut Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci dengan Gampang

Kunci motor hilang atau ketinggalan di jok? Apalagi barang yang dimasukkan di dalam jok sangat penting. Meski telah berusaha menjaga agar kunci motor tak hilang, namun tetap saja manusia tempatnya lupa. Jangan khawatir, ada banyak cara membuka jok motor tanpa kunci yang bisa dicoba dan dipraktekkan.

Selain hilang, ada beberapa hal yang menyebabkan jok motor tak bisa dibuka seperti ada kemacetan pada engsel, kunci patah, berkarat, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasinya jangan sampai melakukan hal gegabah. Karena apabila ditarik paksa akan terjadi kerusakan. Berikut cara membuka jok motor tanpa kunci yang bisa menjadi solusi alternatif tepat:

1. Meminjam Kunci Motor yang Jenis Motornya Sama

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kunci motor dengan jenis motor sama. Lalu, cobalah membukanya dengan pelan. Apabila tetap tak bisa terbuka, maka lubang kunci telah rusak. Untuk mengatasinya, cobalah semprot kunci motor memakai cairan untuk menghilangkan karat di lubang kunci selama beberapa menit. Contoh pelumas yang bisa dipakai adalah 4WD dan Rexco50.

Jika sudah selesai, langkah berikutnya adalah memasukkan kunci ke lubang dengan pelan. Putarlah kuncinya kanan dan kiri agar bisa dibuka. Cara ini cukup terjangkau dilakukan apalagi harga pelumasnya hanya berkisar 15 ribu. Jangan lupa rutin membersihkan lubang kunci karena rentan kotor dan berdebu.

2. Membuka Pengait Jok

Membuka pengait jok motor dapat menjadi solusi yang bisa dicoba untuk membuka jok motor tanpa kunci. Pengait jok ini letaknya ada di ujung jok. Kalau memang kesulitan memakai pengait jok ini, lebih baik tak perlu dipaksa karena bisa mengalami kerusakan. Berhati-hati saat melakukan cara ini agar tidak patah.

Baca Juga  Cara Ganti Oli Motor Beat Dalam 5 Langkah Sederhana

3. Masukkan Tangan ke Celah Jok

Cara membuka jok motor tanpa kunci yang selanjutnya adalah dengan memasukkan tangan ke celak jok motor. Mungkin cara ini agak ekstrim dan tangan bisa sakit tapi langkah ini juga perlu dicoba.

Angkatlah jok dengan sedikit memaksanya secara perlahan. Apabila tangan memiliki celah untuk masuk ke jok yang terbuka, maka ambillah barang yang tertinggal disana.

4. Membuka Body Motor

Langkah ini bisa dilakukan sendiri yaitu bukalah bodi motor. Apabila kesulitan melakukannya sendiri, pemilik motor bisa meminta bantuan pada tukang mekanik profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Bagian yang dibuka yang paling penting adalah komponen yang tertutup jok motor. Apabila cara tersebut sukses dan tangan bisa menelusup ke bagasi, maka cara ini bisa dipakai.

5. Mendatangi Tukang Kunci Handal

Cara terakhir yang bisa dilakukan pemilik motor untuk membuka jok motor tanpa kunci adalah dengan meminta tolong tukang mekanik yang handal dibidangnya. Bisa jadi jok motor tak bisa dibuka karena ada masalah yang lebih rumit, sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan oleh tukang kunci profesional.

Meski harus merogoh kocek lebih dalam, namun jika cara ini merupakan satu-satunya solusi efektif untuk mengatasi jok yang tertutup. Sehingga cara ini bisa menjadi pilihan akhir jika semua cara gagal. Jangan lupa letakkan kunci motor di tempat aman dan bisa terjangkau dengan gampang.

Itulah 5 cara membuka jok motor tanpa kunci yang dapat dicoba dengan gampang. Agar masalah tersebut tidak terjadi, jangan menaruh kunci motor di tempat sembarangan, atau sediakan kunci motor cadangan. Kunci cadangan dapat digunakan sebagai alternatif apabila kunci motor hilang. Selain itu, pastikan untuk klaim asuransi supaya mencegah biaya tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *