Pintu Mobil Tidak Bisa Dikunci dengan Remote, Mungkin Ini Sebabnya!

Pintu Mobil Tidak Bisa Dikunci dengan Remote, Mungkin Ini Sebabnya!

Saat ini rata-rata mobil sudah mempergunakan remote untuk membuka atau mengunci pintunya. Tetapi remote bisa mengalami error sewaktu-waktu, misalnya tidak dapat mengunci pintu mobil. Banyak hal bisa menjadi penyebab, mengapa pintu mobil tidak bisa dikunci dengan remote. Berikut inilah beberapa sebabnya yang harus diketahui:

1. Baterai Remote Sudah Kosong

Sama halnya dengan remote televisi, remote mobil juga biasanya memakai baterai. Biasanya ketika kondisi baterai mulai melemah atau habis, remote tidak akan kuat digunakan lagi. Jadi pintu mobil tidak bisa dikunci dengan remote bukan hanya karena rusak, mungkin baterainya telah habis.

Ganti baterai segera misal remote mobil sudah tidak berguna seperti biasanya. Nah, biasanya baterai untuk remote dijual di toko peralatan mobil, atau bisa pula mencarinya ke toko barang elektronik. Sesudah baterai remote kendaraan diganti, pasti akan langsung dapat dipakai seperti sedia kala.

2. Tombol Remote yang Bermasalah

Kemungkinan yang kedua ialah tombol remote yang rusak. Pengguna mobil pastinya sering memencet tombol buka, atau kunci pada remote. Gerakan berulang seperti itu bisa membuat remote rusak, karena terlalu sering ditekan. Hal ini sebenarnya merupakan hal wajar, sebab memang begitulah cara pemakaian remote.

Jika tombol buka atau kunci sudah tidak berguna, maka ada baiknya untuk langsung mengganti remote baru. Untuk remote baru bisa langsung datang ke dealer, sebab remote mobil tidak sembarangan dibuat. Biasanya masing-masing remote mobil, dibuatkan khusus untuk setiap mobil.

3. Kerusakan Remote

Remote mobil tidak berguna seperti biasanya? Bisa jadi ada kerusakan pada remote mobil. Benda apapun yang rusak, pasti tidak akan berguna seperti biasa lagi. Ada banyak hal, yang bisa menjadi sebab remote mobil bermasalah. Misalnya remote mobil sudah dipakai lama, remote sering terjatuh, hingga remote sering tertekan.

BACA JUGA KAWAN »  Rekomendasi Minyak Rem Mobil Yang Bagus, Jangan Asal Pilih Ya!

Selain ketiga hal itu, bisa jadi remote memang mengalami rusak dengan sendirinya. Jika remote rusak, langsung minta yang baru ke pihak dealer. Sebab remote mobil biasanya dibuat untuk satu mobil, jadi tidak bisa beli di sembarangan tempat.

4. Alat Receiver Remote Bermasalah

Bisa jadi pintu mobil tidak bisa dikunci dengan remote, bukan kesalahan dari remote namun dari alat receiver nya. Sesuai namanya, alat receiver merupakan alat untuk menangkap sinyal remote. Biasanya alat ini ditanamkan pada bodi atau pintu-pintu mobil. Jika receiver remote bermasalah, maka otomatis remote menjadi tidak ada gunanya.

Jika alat receiver bermasalah, tidak ada yang bisa dilakukan selain memperbaikinya. Lebih bagus memperbaikinya di bengkel, sebab orang-orangnya memang memiliki keahlian. Jangan sampai nekat membetulkan sendiri, karena ditakutkan akan merusak hal lainnya.

5. Sinyal Remote Mobil Kacau

Sebab lain dari remote tidak bisa mengunci ialah sinyal remote mobil kacau. Biasanya ketika memarkir mobil di dekat SUTET atau tower listrik lainnya, bisa mengacaukan sinyal remote. Frekuensi sinyal remote bisa jadi tidak tersalurkan, sebab banyaknya medan magnet dan listrik. Kejadian seperti ini harus diwaspadai, sebab bisa jadi juga ulah penjahat.

Jadi penjahat akan memasang alat untuk mengacaukan sinyal remote mobil. Kemudian pemilik yang tidak sadar, jika sebenarnya mobilnya belum terkunci. Dari situ penjahat akan memanfaatkan keadaan, dan dengan mudahnya membuka pintu mobil. Perlu diingat untuk jangan parkir di tempat asal agar tidak mengalami hal berikut.

Jadi, jika mengalami pintu mobil tidak bisa dikunci dengan remote, mungkin penyebabnya ialah salah satu hal diatas. Jangan lupa agar menjaga remote mobil, sebab remote mobil merupakan keamanan utama sebuah mobil.

BACA JUGA KAWAN »  Berikut Ini Cara Membuka Mobil Yang Terkunci dari Dalam dengan Cepat

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.