Memahami Penyebab dan Cara Memperbaiki Dinamo Wiper Mobil yang Tidak Berfungsi

Memahami Penyebab dan Cara Memperbaiki Dinamo Wiper Mobil yang Tidak Berfungsi

Wiper mobil menjadi satu komponen mobil yang tidak sering diabaikan oleh pemilik mobil. Satu komponen kecil ini seringkali dianggap sepele padahal apabila terjadi kerusakan pada wiper maka, hal ini bisa mengganggu perjalanan apalagi bila keadaan cuaca sedang tidak mendungkung. Lalu apa penyebab dan bagaimana cara memperbaiki dinamo wiper mobil yang rusak? Simak informasinya berikut ini :

Penyebab Dinamo Wiper Tidak Berfungsi

Ada beberapa penyebab yang pada akhirnya membuat dinamo wiper mobil tidak berfungsi. Diantara adalah masalah serius yang seharusnya diperhatikan dan segera diperbaiki supaya tidak menambah kerusakan yang terjadi. Lalu apa saja penyebabnya? Simak ulasannya berikut ini :

  1. Karet Wiper Sudah Terlalu Lama

Masalah yang sering terjadi adalah karet yang sudah terlalu lama dan akhirnya menjadi keras. Hal ini seringkali terjadi karena pemilik mobil jarang memeriksa keadaan wiper sehingga dinamo wiper pun tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

  1. Kerusakan Saklar

Kerusakan saklar juga bisa jadi adalah kendala penyebab wiper tidak berfungsi. Hal ini bisa terjadi apabila ada kabel yang putus dan menyebabkan aliran listrik tidak mengalir dengan baik. Sekring putus juga bisa menyebabkan dinamo akhirnya tidak menerima aliran listrik yang stabil.

  1. Dinamo Wiper Terbakar

Hal lain yang bisa menjadi penyebab utama dinamo wiper tidak berfungsi adalah karena dinamo yang terbakar. Hal seperti ini tentu saja menjadi masalah serius yang harus segera ditangani supaya tidak menimbulkan kerusakan yang lebih parah bahkan merembet pada mesin mobil.

  1. Gigi Penggerak Kotor

Masalah lain yang bisa terjadi adalah kotoran yang menumpuk pada mesin penggerak. Menjaga kebersihan memang adalah hal yang wajib dilakukan termasuk pada kebersihan komponen-komponen mobil.

Cara Memperbaiki Dinamo Wiper Mobil yang Rusak

BACA JUGA KAWAN »  5 Daftar Ban Motor Yang Tidak Licin Saat Hujan Ini Wajib Dikoleksi

Hal yang bisa dilakukan bila keempat permasalahan tersebut terjadi pada dinamo wiper mobil tentu saja adalah melakukan perbaikan dan penggantian pada mesin wiper atau dinamo wiper. Lalu bagaimana cara memperbaiki dinamo wiper yang rusak dan tidak berfungsi? Berikut ulasannya:

  1. Periksa Sekring

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa sistem listrik pada mesin dinamo wiper. Pastikan bahwa tidak ada sekring yang putus atau bermasalah pada listrik dinamo. Ganti sekring lama dengan yang baru apabila ada kerusakan serius yang terjadi.

  1. Bersihkan Motor Penggerak

Salah satu penyebab dinamo wiper tidak berfungsi adalah mesin penggerak yang kotor. Karena itu membersihkan mesin penggerak motor pada dinamo wiper adalah salah satu solusi yang bisa dilakukan. Bersihkan mesin penggerak secara berkala supaya dinamo wiper tetap berfungsi dengan baik.

  1. Mengganti Mesin Penggerak

Cara memperbaiki dinamo wiper selanjutnya adalah mengganti mesin penggerak pada dinamo wiper. Mesin penggerak yang sudah berkarat biasanya adalah masalah utama yang menyebabkan wiper tidak bekerja. Karena itulah solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah menggantinya dengan yang baru.

  1. Ganti Dinamo Wiper

Mengganti dinamo wiper juga bisa jadi adalah cara memperbaiki dinamo wiper yang bisa dilakukan. Hal ini harus dilakukan apabila ternyata dinamo terbakar dan tidak bisa digunakan kembali.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah periksa indikator pada wiper mobil masih menyala atau tidak selanjutnya, ketuk dinamo wiper dengan palu karet. Apabila dinamo mengalami pergerakan berarti ada kemungkinan dinamo telah rusak dan harus diganti.

  1. Bawa ke Bengkel

Cara terakhir yang bisa dilakukan bila kerusakan pada dinamo wiper memang sudah parah maka, silahkan bawa mobil ke bengkel. Periksa keadaan dinamo wiper pada ahlinya. Hal ini bisa jadi pilihan terakhir bila dinamo wiper memang sudah rusak dan perlu perbaikan atau penggantian dengan yang baru.

BACA JUGA KAWAN »  Tak Sama, Berikut 5 Beda Spooring dan Balancing yang Perlu Diketahui

Itulah tadi cara memperbaiki dinamo wiper mobil apabila mengalami kerusakan dan menyebabkan wiper tidak dapat berfungsi dengan baik. Sebaiknya lakukan perbaikan dinamo dengan ahlinya supaya mengurangi resiko kerusakan lebih parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.