Hobi Bermain Mobil Remote Control Simak Cara Memperbaiki Mobil Remot Yang Tidak Bisa Jalan Berikut Ini

Hobi Bermain Mobil Remote Control? Simak Cara Memperbaiki Mobil Remot Yang Tidak Bisa Jalan Berikut Ini

Kerusakan mobil remot merupakan salah satu masalah yang kerap dihadapi saat memiliki mobil remot. Terdapat beberapa cara memperbaiki mobil remot yang tidak bisa jalan atau berfungsi dengan seharusnya. Seandainya masih belum bisa berfungsi dengan baik, harus segera di cek di tempat servis yang ahli dalam perbaikan RC atau bisa juga menghubungi toko tempat membeli RC tersebut.

Cara kerja Mobil Remote Control atau biasa disebut RC, adalah dengan hubungan arus komunikasi dua arah dengan gelombang sinyal radio yang terpancar pada penerima atau atau biasa disebut receiver dan dari remote control yang dikendalikan atau disebut transceiver.

Langkah-langkah Memperbaiki Mobil Remote Control Sendiri

Saat sebuah mobil RC mengalami gangguan dalam menangkap sinyal yang dikirim dari pemancar, maka harus dilakukan perbaikan yang tepat. Sebelumnya, pengguna harus memastikan jika mobil RC yang dimaksut memiliki kendala atau sedang dalam keadaan rusak.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi mobil RC yang rusak:

1. Periksa Saklar ON/OFF

Langkah yang pertama pada cara memperbaiki mobil remot yang tidak bisa jalan ini terlihat sangat mudah dilakukan. Untuk itu, perangkat RC harus coba dinyalakan untuk memastikan sistem kelistrikan masih berfungsi aktif.

Kemudian berikutnya cek saklar mobil RC tersebut dan periksa kondisi yang sama pada remote control. Sesuaikan keadaan saklar yang berfungsi normal dan saling terkoneksi.

2. Periksa Frekuensi Mobil Remot

Yang berikutnya adalah memastikan frekuensi yang dimiliki remote control selaras dengan mobil RC itu sendiri. Seandainya remote control dan mobil didapatkan dengan terpisah, dapat terjadi kemungkinan frekuensi tidak  selaras satu sama lain.

Baca Juga  Pengguna Mobil Harus Tahu! 4 Cara Memperbaiki Koil Mobil yang Rusak

Frekuensi yang digunakan pada perangkat tertentu berada pada saluran 27MHz, sedangkan saluran pada mainan berada pada 27.145MHz. Pada perangkat RC dengan kendali lilitan koker, frekuensi dari mobil remot dan pengendali atau remote controlnya harus diarahkan supaya mengarah ke saluran yang sama.

3. Periksa Baterai Mobil Remot

Langkah yang ketiga adalah memeriksa kondisi baterai yang terdapat pada RC dan pada perangkat mobil. Ganti baterai jika dirasa sudah dalam kondisi yang lemah dengan baterai baru.

Jika pada mobil RC yang memakai bahan bakar nitro, periksa paket baterai untuk memastikan sudah terisi penuh pada sistem kelistrikan didalamnya.

Cek kondisi kotak baterai agar pas sesuai dengan baterai yang akan diisi. Periksa dengan tepat kondisi kutub baterai sesuai dengan tampilan normal, agar bisa berfungsi dengan baik saat mengalami proses kelistrikan.

4.  Periksa Antena di mobil RC dan remote control

Periksa keadaan antena yang terpasang apakah dalam kondisi baik serta masih melekat dengan aman. Apabila mobil remot kontrol menggunakan kabel, cek detail dari kabel tersebut apakah sesuai kondisi yang bagus.

5.  Periksa Dinamo Penggerak

Kondisi perangkat RC yang memiliki kendala, mungkin terdapat pada dinamo penggerak yang merupakan mesin utama dari sebuah Perangkat RC. Tanda dari rusaknya dinamo  adalah jika saat di coba untuk bergerak sesuai perintah remot, maka mobil tidak meresponnya.

Silahkan mencoba untuk memperbaiki perangkat dengan ketelitian dan cara yang tepat sesuai dengan resiko yang ada. Dan jangan lupa untuk memastikan kondisi dan kapasitas yang memungkinkan untuk melakukan perbaikan secara pribadi.

Beberapa cara memperbaiki mobil remot yang tidak bisa jalan tadi dapat dijadikan pedoman langkah mandiri bagi sebagian penggemar RC. Bagi yang hobi dalam mengutak-atik perangkat yang memiliki sistem kelistrikan, hal ini menjadi sebuah tantangan yang dapat menyenangkan. Itulah 5 langkah mengatasi mobil RC tidak mau jalan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Cara Ganti Oli Motor Beat Dalam 5 Langkah Sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *