Bagaimana Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil_ Yuk Kepoin!

Bagaimana Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil_ Yuk Kepoin!

Sebagai salah satu fitur keselamatan, door lock sangatlah penting untuk diperhatikan. Terutama jika berkendara bersama anak tercinta. Lalu, bagaimana jika tidak bekerja dengan maksimal? Tentu harus mencari solusi tepat untuk mengatasinya. Cara memperbaiki door lock pintu mobil bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Kerusakaan apapun pasti ada penyebabnya, begitu pun dengan door lock yang rusak. Untuk memperbaikinya dengan baik, maka harus ditemukan penyebabnya terlebih dahulu. Jika penasaran, mari simak informasi lengkap berikut ini!

Apa Penyebab Door Lock Pintu Mobil Rusak?

Terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan door lock rusak. Umumnya, kerusakan yang terjadi dikarenakan terputusnya kawat penghubung. Kawat ini menghubungkan bagian motor serta tuas pembuka/penutup kunci.

Kawat penghubung yang mengalami kerusakan akan membuat gerakan listrik dari motor tidak tersalur dengan baik. Selain itu, kebanyakan kasus para pengemudi lebih sering menggunakan kunci melalui tuas secara manual. Hal ini akan membuat kawat penghubung terdorong secara paksa.

Penyebab lain yang memungkinkan yaitu terjadinya kegagalan fungsi pada bagian motor penggerak. Bisa juga dikarenakan error-nya sistem komputer. Jika masalah yang terjadi seperti ini, maka disarankan untuk diatasi oleh yang ahli di bidang tersebut.

Cara Memperbaiki Door Lock Pintu Mobil

Jika door lock  rusak sudah ditemukan penyebabnya, selanjutnya temukan solusi yang tepat. Cara memperbaiki door lock pintu mobil bisa dilakukan dengan beberapa cara. Adapun cara yang bisa dicoba yakni sebagai berikut:

1. Pengecekan Pada Kawat Penyambung

Seperti yang disinggung sebelumnya, penyebabnya bisa dikarenakan putusnya kawat penghubung. Maka dari itu, lakukan pengecekan pada bagian kawat tersebut secara teliti. Jika ditemukan bagian kawat ada yang terputus, maka solusinya harus diganti dengan kawat yang baru.

Untuk kawat yang terputus bisa diganti secara otodidak. Lalu, untuk menemukan kawat bertipe sama, bawalah kawat yang terputus ke bengkel resmi. Jika kawat hanya terputus di bagian ujung saja, maka bisa diulur sedikit untuk bisa dikaitkan pada bagian baut.

2. Pemeriksaan Sekering

Lakukan pemeriksaan pada bagian fuse atau sekering. Cara memperbaiki door lock pintu mobil yang membutuhkan multimeter ketika melakukannya. Sebuah alat yang mengukur tegangan listrik, bisa dimanfaatkan ketika memeriksa door lock. Tegangan listrik seharusnya bisa mengalir dengan baik, jika sebaliknya, maka penyebabnya terdapat pada fuse.

3. Cek Bagian Modul

Selain itu, jangan lupa untuk mengecek bagian modul. Salah satu elemen penting  yang mendukung pengoperasian door lock pintu mobil. Elemen inilah yang melakukan control terhadap buka/kunci suatu pintu mobil secara otomatis.

Jika elemen modul tidak berfungsi dengan baik, maka harus diperbaiki. Lain halnya jika remote masih bisa dioperasikan , artinya masih ada aliran arus sehingga masalahnya bukanlah pada modul. Selanjutnya, lakukan pengecekan pada bagian lainnya.

4. Periksa Bagian Motor

Jangan lupa untuk memeriksa bagian motor penggerak. Elemen ini secara otomatis bisa menarik bagian pengunci pintu. Prinsip kerja elemen ini yaitu elektromagnetik. Saat dioperasikan untuk mengunci, magnet pun akan muncul yang selanjutnya lock terkunci karena plunger tertarik magnet.

5. Lihat Kondisi Kabel

Pastikan bahwa kondisi kabel dalam keadaan baik. Jika kabel dan konektornya mengalami kerusakan, maka akan berpengaruh pada door lock. Hal ini pun harus segera diatasi dengan baik dan tepat. Jika kondisinya baik, maka harus dilakukan pengecekan secara berkala.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki door lock pintu mobil yang bisa dicoba. Pastikan untuk mencari penyebabnya terlebih dahulu. Dengan begitu, akan mudah untuk menemukan solusi tepat untuk mengatasinya.

Pencarian Popular

Cara memperbaiki doorl

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *