Tenang, Berikut 5 Cara Mengatasi Kunci Motor Tidak Bisa Diputar

Tenang, Berikut 5 Cara Mengatasi Kunci Motor Tidak Bisa Diputar

Pengguna kendaraan bermotor sering menghadapi masalah yaitu terdapat masalah pada lubang kunci sehingga kunci motor tersendat. Jika dipaksakan, hal ini bisa membuat lubang kunci motor malah menjadi rusak dan harus diservis dengan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, beberapa cara mengatasi kunci motor tidak bisa diputar ini dapat dicoba.

1. Gunakan Cairan Penetran

Ketika hal seperti ini terjadi, ambil cairan penetran dan semprotkan di antara sela-sela lubang kunci. Cairan ini akan melepaskan permukaan gesek antara kunci dengan lubang kunci sehingga semakin licin dan mudah untuk diputar. Lakukan pelumasan ini secara rutin, minimal seminggu sekali. Kunci motor pun akan dengan mudah diputar di lubang kuncinya.

Selain melumas dan melicinkan, cairan penetran ini juga berguna untuk melindungi kendaraan dari keausan serta membersihkan kendaraan dari kotoran dan debu yang menempel. Mengingat kegunaannya yang cukup penting, penggunaan pelumas ini sebaiknya dibiasakan. Bisa menggunakan cairan penetran seperti WD30 dan Rexco 50.

2. Gunakan Oli

Cara mengatasi kunci motor tidak bisa diputar lainnya adalah dengan menggunakan oli. Jika tidak ada cairan penetran di rumah, oli bisa digunakan untuk menggantikannya. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, jangan memaksa untuk memutar kunci motor yang tersangkut. Hal ini bisa menyebabkan kunci motor bengkok bahkan patah dan tersangkut di dalam lubang kunci.

Jika memaksa, maka hal ini akan lebih sulit diperbaiki. Pastikan oli yang digunakan adalah oli yang masih baru, jangan oli lama. Oli lama yang pernah digunakan memiliki kotoran, sehingga malah akan menempel pada lubang kunci dan membuat kunci semakin sulit untuk diputar.

3. Gunakan Minyak Goreng pada Lubang Kunci

Apabila tidak ada cairan penetran dan oli, maka dapat digunakan minyak goreng yang notabene lebih sering ditemukan sehari-hari. Minyak goreng dapat digunakan sebagai salah satu alternatif. Cara penggunaanya masih sama seperti sebelumnya, tuangkan sedikit demi sedikit ke atas lubang kunci sampai lubang kunci itu sedikit lebih licin.

BACA JUGA KAWAN »  Tak Perlu Panik, Berikut Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci dengan Gampang

Setelahnya, kunci pun akan bisa kembali diputar. Tidak hanya itu, pastikan minyak goreng yang digunakan merupakan minyak goreng baru. Karena minyak goreng bekas biasanya mengandung kotoran yang malah membahayakan kendaraan bermotor pengguna.

4. Gunakan Minyak Goreng atau Oli pada Kunci

Cara mengatasi kunci motor tidak bisa diputar lainnya adalah dengan mencelupkan kunci motor ke dalam cairan minyak goreng atau oli. Kunci yang telah dilumuri minyak ini selanjutnya akan kembali dimasukkan ke dalam lubang kunci dan dicoba untuk diputar perlahan. Cara ini biasanya ampuh untuk mengatasi kunci motor yang tidak bisa diputar.

5. Lakukan Pembersihan Berkala

Penyebab kunci motor tidak bisa diputar tak lain adalah karena debu dan kotoran yang menempel pada lubang kunci maupun kunci motor itu sendiri. Untuk mencegah supaya hal serupa tidak kembali terulang, pengendara dapat melakukan pembersihan secara berkala terhadap kendaraan motornya, terutama pada bagian kunci lubangnya.

Pastikan tidak ada debu, kotoran, maupun endapan air berada di dalam lubang kunci tersebut. Pembersihan harus dilakukan secara berkala, menggunakan cairan penetran maupun cairan pelumas lainnya paling tidak seminggu sekali. Hal ini untuk melindungi lubang kunci dari karatan dan mencegah kejadian serupa terulang.

Dengan demikian, diatas merupakan beberapa cara mengatasi kunci motor tidak bisa diputar. Jangan gunakan kekerasan maupun emosi ketika kejadian seperti ini terjadi, karena malah akan mengakibatkan masalah yang lebih besar. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.