Begini Cara Memperbaiki Accu Basah yang Mati Karena Kotor

Begini Cara Memperbaiki Accu Basah yang Mati Karena Kotor

Keadaan accu basah yang kotor bisa jadi merupakan masalah utama penyebab accu mobil mati. Tentu ketika mobil mati bisa membuat kesal. Bila hal seperti ini terjadi, tentunya melakukan pembersihan pada accu adalah solusinya. Namun, ternyata tidak semua orang akan tahu cara memperbaiki accu basah yang mati. Karena itu mari simak penjelasannya berikut ini :

1. Persiapkan Alat

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mulai membersihkan dan memperbaiki accu basah yang mati tentu saja adalah menyiapkan peralatannya. Siapkan obeng, tang, air bersih, serta air aki baru. Alat-alat inilah nantinya yang akan membantu proses pembersihan accu kotor. Siapkan juga charger accu untuk digunakan mengisi tenaga accu setelah diisi dengan air baru.

2. Lepaskan Accu dari Mesin Mobil

Langkah selanjutnya tentu saja adalah lepaskan terlebih dahulu accu dari mesin mobil. Gunakan obeng bila perlu saat melepaskan accu. Lepaskan accu dengan hati-hati supaya tidak terjadi kesalahan. Harus teliti juga ya!

3. Buka Penutup Accu

Cara memperbaiki accu basah yang mati selanjutnya setelah sebelumnya dilepaskan dari mesin mobil adalah mulai pada tahap pembersihan. Lepaskan dahulu semua penutup kecil yang ada pada setiap ruang accu. Gunakan obeng atau tang untuk mempermudah dalam membuka penutup accu. Putar bagian penutup accu satu-persatu hingga terlepas dari setiap ruangnya.

4. Buang Air Accu yang Kotor

Silahkan buang air accu dari accu yang sebelumnya telah dibuka penutupnya. Lalu balik mesin hingga air accu keluar. Hal ini dilakukan supaya nantinya accu dapat dibersihkan dan diperbaiki sehingga dapat diisi air baru dan digunakan kembali. Tahapan ini memiliki maksud supaya semua kotoran yang tersimpan pada setiap ruang accu dapat dibersihkan.

BACA JUGA KAWAN »  Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar iPhone Terbaik

5. Bersihkan Mesin Accu

Apabila air accu sudah tidak ada lagi yang tersisa dalam mesin accu maka, selanjutnya adalah siapkan air bersih untuk membersihkan accu. Pada tahap ini, menggunakan alat untuk mencuci motor atau mobil yang memiliki tekanan air lebih besar akan lebih efektif. Gunakan air panas bila perlu.

Selanjutnya semprotkan air tepat pada mesin accu hingga mencapai bagian dalam. Bersihkan accu yang kotor menggunakan air hingga bersih. Biarkan air masuk ke dalam ruang-ruang accu hingga penuh kemudian buang air tersebut. Lakukan hal ini beberapa kali hingga accu benar-benar bersih.

6. Masukkan Accu Zuur

Persiapkan air merah atau air accu zuur untuk pengganti air accu yang telah dibersihkan sebelumnya. Pastikan terlebih dahulu bahwa mesin accu telah kembali kering sebelum memasukkan air accu yang baru. Jangan masukkan air accu bila masih ada air dalam mesin.

Langkah selanjutnya masukkan accu zuur tersebut ke dalam masing-masing ruang accu hingga terisi penuh. Tutup kembali setiap ruang accu dengan rapat apabila air accu sudah terisi penuh. Pastikan penutup ruang accu kembali tertutup dengan rapat.

7. Charger Accu

Apabila semua proses pembersihan telah selesai dan mesin accu telah diisi air zuur baru, maka selanjutnya adalah lakukan pengecasan pada mesin accu kurang lebih lima jam. Langkah selanjutnya silahkan kembali pasang accu pada mesin mobil. Setelahnya coba nyalakan mesin mobil untuk selanjutnya memastikan apakah accu sudah kembali berfungsi atau belum.

Itulah tadi cara memperbaiki accu basah yang mati dengan mudah. Cara tersebut bisa dilakukan apabila pemilik mobil memiliki alat untuk melakukan charger sendiri di rumah. Pastikan juga bahwa proses pembersihan tepat supaya accu bisa kembali digunakan.

BACA JUGA KAWAN »  Cara Mengatasi Komputer Lemot Tanpa Menggantinya

Pencarian Popular

loganime com

Leave a Reply

Your email address will not be published.