cara mengatasi baterai cepat habis

Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis pada Ponsel Android

Ada beberapa cara mengatasi baterai cepat habis pada ponsel Android yang mudah dan bisa segera dilakukan. Tetapi sebelum mengatasinya, pengguna sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan penggunaan baterai boros. Pada setelan atau pengaturan smartphone klik pengaturan, lalu klik baterai, di sana akan terlihat aplikasi apa yang mengkonsumsi tenaga baterai terbanyak. Lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini:

1. Aktifkan Opsi Penghemat Baterai

Cara mengatasi baterai cepat habis yang paling mudah adalah mengaktifkan opsi penghematan baterai. Mungkin opsi ini bisa berbeda-beda antara merk smartphone yang satu dengan smartphone yang lain. Intinya buka aplikasi pengaturan atau penyetelan, lalu klik baterai cari opsi yang bisa dipakai untuk menghemat tenaga baterai.

Contoh: pada smartphone Oppo fitur tersebut adalah “opsi penghemat baterai”. Jika dipilih, opsi ini bisa  mendeteksi pemakaian baterai dan langsung menerapkan strategi pemakaian baterai secara otomatis.

2.  Membatasi Latar Belakang Aplikasi Tertentu

Ada beberapa media sosial yang memiliki latar belakang tampilan, yang diam-diam selalu beroperasi. Contoh media sosial seperti itu adalah WhatsApp, Instagram atau Facebook. Aplikasi ini berusaha agar pengguna terus terhubung dengan jaringan dengan memberi berbagai notifikasi.

Untuk menghemat daya baterai, pengguna sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak aplikasi media sosial pada satu waktu.  Pengguna sebaiknya juga menutup aplikasi media sosial seperti tersebut di atas yang sudah selesai dipakai.

Cara mengatasi baterai cepat habis, buka pengaturan, pilih aplikasi misalnya Instagram, pilih baterai dan ada beberapa pilihan tergantung jenis ponsel. Yang terpenting jangan memilih opsi “Berjalan di Latar Belakang” karena jika ini aktif, daya baterai akan tersedot secara boros

3. Menjauhkan Ponsel dari Terik Matahari

Suhu udara yang panas apalagi jika ponsel terkena sinar matahari secara langsung akan menyebabkan baterai smartphone tersedot dayanya. Cara mengatasi baterai cepat habis pada kasus ini cukup jauhkan smartphone dari paparan sinar matahari secara langsung dan jauhkan dari suhu udara yang panas. Paparan sinar matahari langsung selain membikin baterai boros juga akan merusak fungsi layar sentuh smartphone.

4. Mematikan Ponsel Saat Tidak Digunakan

Cara mengatasi baterai cepat habis berikutnya adalah menon-aktifkan smartphone saat tidak dipakai. Dengan mematikan smartphone, komponen dan sistem yang tersemat pada ponsel terutama RAM bisa beristirahat dan tidak terlalu panas. Setelah dingin, smartphone bisa beroperasi kembali dengan baik.

BACA JUGA KAWAN »  Ciptakan Gambar Bagus dengan Mudah, Yuk Atur dengan Cara Mengatur Efek Kamera Canon yang Baru Digunakan Berikut

5. Mematikan Ponsel Jika Sinyal Jelek

Jika sinyal tidak bagus sistem ponsel akan terus menerus mencari sinyal sehingga baterai akan cepat berkurang dayanya. Cara mengatasi baterai cepat habis, jika sinyal jelek, aktifkan airplane mode, matikan data seluler atau gunakan wifi jika tetap ingin mengakses internet.

6. Mematikan Fitur GPS

Fitur GPS jika dipasang terus-menerus akan menyebabkan baterai boros. Karena itu cara mengatasi baterai cepat habis, gunakan GPS hanya jika sedang memerlukannya, misalnya jika pengguna sedang memesan GoFood. Setelah makanan yang dipesan datang, sebaiknya tidak lupa mematikan fungsi GPS. Hal ini akan menghemat daya baterai.

7. Mengganti Wallpaper Bergerak

Wallpaper smartphone yang bergerak memang terlihat menarik juga menyenangkan, tetapi ini akan membuat daya baterai berkurang dengan cepat. Untuk mengatasinya cukup ganti wallpaper bergerak dengan foto atau gambar biasa.

8. Perbarui Aplikasi

Melalui memperbarui aplikasi ke versi yang paling baru, maka akan mengurangi bug. Pada bug ini menyebabkan processor tidak bekerja secara optimal dan membikin baterai jadi panas dan boros. Karena itu sebisa mungkin perbarui aplikasi ke versi paling baru dari waktu ke waktu.

Itulah delapan cara mengatasi baterai cepat habis pada smartphone android. Lebih baik pengguna segera melakukan salah satu dari delapan cara di atas yang paling mudah dilakukan sesegera mungkin. Maka dengan melakukannya, pengguna akan segera memperoleh manfaat yaitu daya baterai yang lebih awet.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *