cara menghubungkan hp samsung ke tv

5 Cara Menghubungkan Hp Samsung Ke Tv Tanpa Ribet

Memiliki hobi nonton film atau game? Memanglah seru. Selain dapat mengisi waktu luang, bisa juga membuat pundi-pundi rupiah terkumpul. Berkesempatan menonton film ataupun nge-game bareng dengan anggota keluarga. Menjadi kesempatan yang ditunggu-tunggu, tapi sebagian orang pasti bingung bagaimana caranya. Tenang saja berikut ini cara menghubungkan hp Samsung ke tv yang bisa dicoba.

1. Memeriksa Perangkat Hp

Sebelum menghubungkan hp dengan televisi yang perlu dilakukan pertama kali adalah memeriksa perangkat pendukung hp. Tujuan pemeriksaan ini adalah untuk mengetahui apakah hp yang dimiliki mendukung untuk dihubungkan ke televisi. Beberapa jenis Hp Samsung seperti Samsung Galaxy, memang sudah dilengkapi dengan fitur penghubung ke layar tv jadi tidak usah khawatir.

Khawatir Hp Samsung yang dimiliki tidak dapat dihubungkan? Tenang saja ada banyak cara lain. Selain Hp Samsung Galaxy, beberapa jenis Hp Samsung juga dapat digunakan. Syaratnya juga cukup mudah asalkan Hp tersebut memiliki versi Android 4.2 dengan tipe Jelly Bean maka Hp tersebut bisa digunakan untuk mengakses layar televisi. Tapi kebanyakan hp Samsung sudah dilengkapi dengan fitur Samsung Link yang mempermudah menghubungkannya dengan layar televisi.

2. Memeriksa Perangkat Tv

Bukan hanya perangkat Hp saja yang perlu diperiksa, tetapi pengguna juga harus memeriksa perangkat tv. Apakah mendukung untuk dihubungkan dengan ponsel ? Karena biasanya pada beberapa tv jadul tidak dapat dihubungkan dengan cara tersebut. Beberapa tv memerlukan adanya dongle yang dibeli secara terpisah, untuk bisa menghubungkan hp dengan televisi. Tetapi jika tv  rumah memiliki  Miracast maka tidak membelinya.

3. Mengaktifkan Miracast Di Tv

Cara menghubungkan hp samsung ke tv diawali dengan mengaktifkan Miracast di tv. Beberapa jenis tv sudah pasti memiliki fitur ini, dan kebanyakan adalah tv yang sudah bisa mengakses koneksi internet. Guna mengaktifkanya pengguna hanya perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  • Mencari tombol Source pada remot tv.
  • Setelah berhasil menemukannya, tinggal klik sebanyak satu kali. Pastikan tidak salah tekan.
  • Biarkan Tv mencari perangkat ponsel.
  • Pada saat yang bersamaan aktifkan Miracast yang ada di hp
BACA JUGA KAWAN »  5 Cara Mengatasi Sinyal Hilang Telkomsel Pada HP Paling Ampuh

4. Mengaktifkan Miracast Di Hp

Selain diaktifkan di tv, Miracast juga diaktifkan di hp. Tv tidak akan terhubung bila hp tidak dapat mengaktifkan fitur ini. Berdasarkan kata lain, fitur ini akan menjadi penentu bagaimana kinerja tv selanjutnya. Pengguna juga harus mengetahui nama tv yang digunakan, jangan sampai terhubung dengan tv tetangga. Langsung saja pada langkah-langkah menghubungkanya :

  • Masuklah pada menu pengaturan, kemudian mencari Wireless Network.
  • Setelah ketemu, langsung buka pengaturan lebih lanjut atau More Settings.
  • Lanjutkan pada proses selanjutnya, yakni dengan menekan Allshare
  • Klik tombol Screen Mirroring yang ada di menu Connect and Share.
  • Hubungkan dengan tv yang akan dihubungkan dengan memanfaatkan nama tv.
  • Proses menghubungkan pun selesai.

5. Proses Lanjutan

Setelah beberapa proses panjang tadi dijalani. Maka yang perlu dilakukan sekarang adalah memainkan program kegemaran anak-anak atau acara keluarga. Sebagai pengaturan tambahan, untuk mengatur volume dan lain-lain bisa dilakukan dengan menekan remot control bawaan tv. Sedangkan untuk menampilkan film atau acara lain, pengguna hanya perlu mengaturnya pada hp, dan tv akan menampilkan pada layar.

Menghabiskan waktu bersama keluarga memang asik. Bukan hanya akan mempersatukan anggota keluarga yang jarang bertemu, tetapi juga bisa menambah keakraban diantara anggota keluarga. Demikian informasi mengenai cara menghubungkan hp samsung ke tv yang dapat dicoba. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.