Inilah Cara Menghubungkan Smartwatch ke Android Menggunakan Mediatek SmartDevice

Inilah Cara Menghubungkan Smartwatch ke Android Menggunakan Mediatek Smart Device

Selain ponsel, smartwatch menjadi salah satu barang penting bagi kebanyakan orang di zaman modern ini. Salah satu fungsinya untuk dapat melihat notifikasi dari handphone android juga menjadi kelebihan yang bisa memudahkan pengguna. Hanya saja, cara menghubungkan smartwatch ke android akan membutuhkan satu aplikasi sebagai pendukung.

Penggunaan aplikasi dari Google Play bernama Mediatek SmartDevice adalah salah satu aplikasi pendukung yang bisa digunakan. Lalu bagaimana cara kerja aplikasi ini untuk menghubungkan smartwatch ke android ? Berikut ulasan singkatnya:

1. Install Mediatek SmartDevice

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum masuk dalam proses untuk menghubungkan smartwatch ke android adalah mengunduh aplikasi Mediatek SmartDevice di Google Play Store. Aplikasi inilah yang nantinya akan membantu pengguna dalam menghubungkan smartwatch melalui bluetooth android.

Pengguna bisa memilih aplikasi mana yang nantinya akan digunakan sebagai perantara. Ada banyak aplikasi Smart Device yang ditawarkan Google Play Store sebagai aplikasi pembantu untuk android. Salah satu aplikasi yang dapat dijadikan rekomendasi adalah Mediatek SmartDevice.

2. Restart Ponsel

Langkah selanjutnya untuk menghubungkan ke android adalah melakukan restart ponsel. Hal ini dilakukan supaya nantinya dapat mempermudah handphone saat akan dihubungkan dengan smartwatch. Lakukan Ini bila proses pengunduhan pada aplikasi telah selesai dilakukan. Dengan melakukan restart pada ponsel setelah melakukan pengunduhan maka akan memaksimalkan aplikasi saat digunakan sebagai aplikasi tambahan.

3. Hidupkan Bluetooth

Apabila ponsel sudah kembali menyala maka, cara menghubungkan smartwatch ke android selanjutnya adalah menyalakan bluetooth. Silahkan nyalakan bluetooth yang ada di android dan juga smartwatch. Bluetooth ini nantinya yang akan menjadi media penghubung pada smartwatch dan android.

Selanjutnya cek new device pada pengaturan bluetooth pada smartwatch. Silahkan hubungkan bluetooth dengan android bila menemukan bluetooth android yang terdeteksi. Pastikan bluetooth benar-benar telah terhubung supaya smartwatch dan juga android nantinya dapat terhubung.  

4. Centang Enable Accessibility

Cara menghubungkan smartwatch ke android berikutnya adalah kembali ke aplikasi smart device kemudian perhatikan apakah ada notifikasi yang masuk. Apabila ada satu notifikasi masuk maka, langkah selanjutnya adalah melakukan centang pada menu enable accessibility. Hal ini sebagai bentuk persetujuan bahwa pengguna memperbolehkan aplikasi untuk dapat mengakses smartwatch dan android.

5. Pilih Enable dan Allow I

Pada saat proses melakukan centang pada enable accessibility pastikan untuk memilih enable dan allow I. Hal ini nantinya akan mempermudah notifikasi pada kedua perangkat baik android maupun smartwatch. Jai, akan lebih berjalan lancar dan tidak ada notifikasi yang terlewat.

Baca Juga  Bedanya Reksadana dan Saham yang Wajib Anda Tahu

6. Pilih Aplikasi yang Akan Dihubungkan ke Smartwatch

Tahap selanjutnya setelah bluetooth telah berhasil terhubung adalah memilih aplikasi. Silakan pilih aplikasi mana saja yang akan disetujui masuk pada notifikasi smartwatch. Nantinya aplikasi yang dipilih inilah yang akan muncul pada notifikasi smartwatch.

7. Setujui Smartdevice Menghubungkan Smartwatch ke Android

Langkah selanjutnya adalah memberikan persetujuan pada smartwatch untuk mengakses aktivitas android menggunakan smartwatch. Pada tahap ini nantinya notifikasi pada android juga akan muncul dan memungkinkan pengguna untuk dapat mengetahui apa saja notifikasi yang terjadi pada ponsel.

Apabila notifikasi tidak mau muncul pada smartwatch maka, pastikan lagi bluetooth pada dua media telah berhasil terhubung. Pastikan juga tidak ada step atau centang yang terlewat saat melakukan enable accessibility.

Itulah cara menghubungkan smartwatch ke android menggunakan aplikasi Mediatek SmartDevice. Penggunaan aplikasi seperti ini bisa menjadi aplikasi pendukung supaya notifikasi pada android bisa terbaca oleh smartwatch. Hal ini tentunya bisa membantu pengguna untuk dapat melakukan respon cepat apabila ponsel tertinggal atau sedang dalam rapat yang tidak memperbolehkan membuka ponsel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *