Wajib Tahu! Cara Agar Wifi Tidak Lemot Saat Digunakan

Wajib Tahu! Cara Agar Wifi Tidak Lemot Saat Digunakan

Wifi menjadi salah komponen penting yang seakan wajib dimiliki dalam kehidupan di zaman modern seperti sekarang ini. Kegiatan online yang tidak ada habisnya adalah alasan utama penyebab pengguna wifi melonjak. Bagaimana jika tiba-tiba saja wifi menjadi lemot padahal sedang sangat dibutuhkan? Berikut ini adalah cara agar wifi tidak lemot yang perlu diketahui.

1. Jangan Terlalu Jauh dari Router

Menggunakan wifi di tempat yang tidak terlalu jauh dari router adalah salah satu cara agar wifi tidak lemot yang pertama. Penggunaan jaringan wifi yang melebihi dari batas jarak adalah penyebab wifi jadi lemot saat digunakan. Pastikan bahwa saat menggunakan wifi, jarak tidak lebih dari 100 meter.

2. Letakkan Router di Tempat Tinggi

Cara agar wifi tidak lemot selanjutnya adalah pastikan penempatan router. Penempatan router yang salah bisa jadi adalah masalah yang membuat jaringan menjadi lemot. Letakkan Router di tempat tinggi supaya jaringan bisa ditransfer dengan baik ke perangkat.

3. Kabel LAN yang Terputus

Silahkan pastikan keadaan kabel LAN bila jaringan wifi lemot dan tidak dapat berfungsi seperti seharusnya. Jaringan yang lemot bisa saja terjadi karena ada kabel LAN yang terputus sehingga tidak dapat menerima signal dari Provider. Bila hal ini terjadi, melakukan perbaikan pada kabel LAN terlebih dahulu sebelum digunakan adalah hal yang harus dilakukan supaya wifi dapat kembali digunakan.

4. Jauhkan dari Jangkauan Elektronik Lain

Satu hal yang sering diabaikan oleh pengguna wifi adalah meletakan router di dekat benda elektronik lain seperti TV, microwave, telephone nirkabel atau benda elektronik lainnya. Padahal penempatan router dekat dengan benda yang juga menghasilkan signal elektromagnetik bisa menghambat signal yang akan ditransfer oleh wifi pada perangkat. Akhirnya wifi akan jadi lemot saat digunakan untuk beroperasi.

Baca Juga  Cara Menggunakan Speaker Bluetooth yang Baik dan Benar

5. Atur Frekuensi pada Router

Melakukan pengaturan pada frekuensi router juga bisa jadi cara mengatasi wifi lemot selanjutnya. Hal ini bisa jadi salah satu langkah yang digunakan pengguna untuk kembali dapat menggunakan wifi secara lancar. Silahkan ambil buku panduan yang telah disediakan pada saat wifi dipasang dan cari pengaturan channel router. Ubah frekuensi pada 1,6 serta 11.

6. Pastikan Posisi Antena

Cara lain yang bisa dilakukan supaya wifi tidak lagi lemot adalah memastikan posisi antena. Pastikan posisi antena ada posisi tegak dan tidak miring ke kanan maupun kiri karena hal ini bisa jadi penyebab signal tidak dapat ditangkap dengan baik oleh router. Pastikan juga bahwa tidak ada kabel pembungkus yang rusak atau sobek.

7. Letakkan Router di Tempat Terbuka

Mencari tempat yang tepat untuk menempatkan router memang menjadi satu hal yang penting supaya wifi dapat digunakan dengan baik dan signal tidak bermasalahan. Tempat sempit, terhimpit juga tertutup jelas menjadi tempat yang salah untuk meletakkan router.

Hal ini disebabkan karena, router tidak akan dapat memancarkan signal dengan bebas karena terhimpit oleh tempat yang tertutup atau sempit. Karena itu akan lebih baik bila meletakkan router di tempat yang terbuka dan dapat mengirimkan signal tanpa ada halangan tembok dan sebagainya.

8. Ubah Pengaturan pada DNS

Pengaturan pada DNS juga bisa jadi salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk memperbaiki signal wifi yang lemot. Mengubah pengaturan DNS pada komputer yang memiliki IP atau TCP bisa diubah melalui DNS di Google. Apabila setelah diubah jaringan masih lemot maka, pengguna bisa melakukan riset pada jaringan.

Silakan lakukan klik kanan dan a selanjutnya pilih run administrator a kemudian, ketikan flushdns a dan terakhir enter. Langkah selanjutnya silahkan cek jaringan internet untuk memastikan apakah wifi masih lemot atau tidak.

Baca Juga  Cara Merubah Sandi WiFi IndiHome dengan Mudah dari PC dan Hp

Nah, itulah tadi 8 cara agar wifi tidak lemot yang bisa dipraktekkan jika terjadi masalah pada jaringan wifi di rumah. Silahkan lakukan komplain kepada operator provider bila wifi masih lemot meskipun sudah mencoba melakukan 8 cara di atas. Bisa saja memang tengah ada masalah pada provider.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *