5 Cara Memperluas Jaringan Wifi yang Mudah dan Efektif

5 Cara Memperluas Jaringan Wifi yang Mudah dan Efektif

Wifi menjadi kebutuhan banyak orang apalagi banyak dari para pekerja yang sekarang mulai bekerja jarak jauh. Untuk memperlancar komunikasinya, diperlukan jaringan internet yang lancar dan stabil. Jika jangkauan wifi yang tersedia terbatas, perlunya menggunakan cara memperluas jaringan wifi untuk mengatasinya.

Baik untuk pengguna wifi rumahan maupun wifi kantor, jaringan yang dapat mencapai ke seluruh ruangan akan lebih bagus daripada yang terpusat pada satu titik saja. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperluas jaringan wifi ini. Dengan cara ini, baik itu memperluas maupun mempersempit jaringan wifi dapat pengguna lakukan. Simak langkah mudahnya berikut ini:

1. Tingkatkan Frekuensi Wifi Menjadi Lebih Tinggi

Ketika wifi sudah dipasang namun pada beberapa ruangan jaringannya lemah, mungkin pengguna perlu meningkatkan frekuensi wifinya. Biasanya, setelah pabrik wifi mengaturnya pada frekuensi 2.4 Ghz yang mana jangkauan frekuensi ini tidak begitu luas. Untuk mengatasinya, pengguna perlu menaikkan frekuensi tersebut hingga 5 Ghz.  Dengan frekuensi ini wifi bisa menyebar hingga jarak 500 meter.

2. Setting Power Control Menjadi 100 persen

Bagi pengguna modem, cara memperluas jaringan wifi bisa dengan mengatur kekuatan sinyal pada Power Control. Dengan Power Control, pengguna bebas mengatur besaran kekuatan sinyal yang ia inginkan dari modem yang dipasang. Power Control sendiri dapat didefinisikan sebagai fitur untuk mengatur kekuatan sinyal yang muncul.

Jika Power Control yang disetting belum mencapai 100 persen dan pengguna ingin memperluas dan menguatkan jaringan wifinya, maka atur pada tingkat 100 persen. Pada dasarnya, default Power Control memang pada titik angka 100 persen. Kekuatan tersebut dapat diatur sesuai kebutuhan. Semakin tinggi Power Controlnya, semakin luas dan kuat pula jaringannya.

Baca Juga  Aplikasi Penghasil Uang Resmi OJK, Aman dan Terpercaya

3. Ubah Letak Posisi Router

Penempatan router tidak boleh sembarangan. Jika tidak tepat, jaringan tidak akan terdistribusi secara merata yang menyebabkan satu atau beberapa tempat kehilangan sinyal. Tembok yang tinggi juga bisa menghalangi jaringan wifi yang menyebar.

Agar bisa tetap stabil dengan cakupan jaringan yang luas, posisikan router di tengah-tengah ruangan dan hindari tempat yang bersekat-sekat. Ada baiknya meletakkan router di langit-langit rumah atau kantor agar tidak ada benda yang menghalangi sebaran jaringannya. Dengan ini, jaringan wifi bisa menyebar lebih luas dan merata.

4. Gunakan Repeater Wifi

Jika ruangan yang dipasang wifi bersekat-sekat atau terdapat dinding-dinding yang tinggi, pengguna bisa menggunakan repeater untuk menangkap sinyal yang terhalang. Repeater berguna untuk menangkap sinyal dari satu tempat dan kemudian disebarkan ke tempat lain. Dengan menggunakan repeater, jangkauan wifi semakin luas dan bahkan bisa mencapai 500 meter jauhnya.

Mendapatkan repeater tidaklah sulit karena banyak yang membutuhkannya. Alat untuk memperluas jangkauan wifi ini banyak dijual di toko offline maupun online. Harga repeater yang ramah di kantong membuat repeater menjadi salah satu alat bantu favorit. Hanya saja tetap perhatikan spesifikasinya alih-alih harga murah yang ditawarkan.

5. Memberikan Perangkat Tambahan Lain

Cara lain yang bisa digunakan untuk memperluas jaringan wifi yaitu dengan memanfaatkan bantuan Access Point. Alih-alih memasang router di setiap ruangan, pengguna bisa memanfaatkan layanan Access Point ini dengan mudah. AP atau Access Point ini adalah sebuat alat untuk memancarkan jaringan wifi ke tempat-tempat yang belum terjangkau oleh router. Banyak router yang sudah dilengkapi dengan Access Point agar pengguna yang memasang wifi dapat sekaligus menggunakan Access Point.

Cara memperluas jaringan wifi sebenarnya tidaklah sulit. Hanya membutuhkan pemahaman terhadap jaringan yang dipasang dan beberapa perangkat bantu lainnya. Dengan jaringan yang jangkauannya lebih luas, penggunaan wifi tidak harus selalu dekat dengan posisi router atau modem. Pengguna bisa mencari tempat yang nyaman untuk melakukan pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *