Ketahui Cara dan Penyebab Laptop Tidak Bisa Koneksi Wifi yang Mudah Diatasi

Ketahui Cara dan Penyebab Laptop Tidak Bisa Koneksi Wifi yang Mudah Diatasi

Walaupun tidak memiliki slot untuk memasukkan kartu sim, menggunakan internet di laptop tetap bisa dilakukan dengan menghubungkan wifi. Bagaimana jika laptop tidak bisa koneksi wifi hingga mengganggu aktivitas berselancar di internet? Artikel ini akan membahas penyebab hal tersebut dapat terjadi berikut cara mengatasinya.

Memiliki layar yang lebih besar daripada perangkat ponsel, mengakses youtube atau membaca berita online lebih menyenangkan menggunakan laptop. Tentu agar bisa mengakses situs-situs tersebut, laptop perlu tersambung ke wifi.  Apabila pengguna menemukan laptopnya sulit untuk mengakses wifi, beberapa alasan yang memungkinkan bisa menjadi penyebabnya:

Penyebab Laptop Tidak Bisa Koneksi Wifi

Hilangnya koneksi wifi di laptop bisa menghambat pekerjaan. Alih-alih mencoba menggunakan laptop lain, temukan penyebabnya terlebih dahulu agar dapat segera diatasi. Penyebab yang bisa menjadi penghalang koneksi wifi pada laptop diantaranya:

  • Adanya kesalahan dalam input SSID dan password. Walaupun wifi sudah terdeteksi, kesalahan input bisa menyebabkan wifi tidak akan connect. Periksa SSID dan password wifi dan pastikan sudah terisi dengan benar.
  • Laptop tidak bisa mengidentifikasi jaringan. Jika menemukan tulisan “Unidentified Network” ketika sedang menyambungkan wifi, sudah dipastikan wifi yang ingin disambungkan tidak teridentifikasi oleh laptop karena IP Address dan DNS Server tidak bisa diterima. Coba putuskan wifi terlebih dahulu koneksikan kembali.
  • Pernah menemukan tulisan “Limited Access” padahal sudah tersambung? Hal ini bisa jadi karena wifi yang melakukan tethering hotspot pada jaringan data ponsel telah mencapai batas yang ditentukan. Periksa jaringan data pada ponsel dan berikan akses kembali.

Atasi Laptop Tidak Bisa Koneksi Wifi dengan Dua Cara Ini

Apabila telah melakukan hal di atas namun wifi tetap tak terkoneksi, mungkin terdapat masalah lain pada laptop maupun wifi pengguna. Tenang saja, masih ada cara yang bisa dilakukan. Simak uraiannya berikut ini:

Baca Juga  Aplikasi Sadap HP Android untuk Kalangan Umum

1. Menghilangkan Tanda Warning Pada Bar Wifi

Wifi yang memiliki tanda seru di dalam sebuah segitiga berwarna kuning dapat dilihat melalui area notifikasi yang biasanya terletak pada menu bar di bagian kanan bawah. Tanda ini merupakan penghalang akses masuk wifi. Ikuti langkah di bawah untuk menghilangkannya.

  • Melalui Start, carilah “Control Panel” dan masuk ke dalamnya. Pengguna akan menemukan baris menu pada kolom sebelah kiri dan tekan pada “Network and Internet”.
  • Pada menu tersebut, tekan pilihan teratas yaitu “Network and Sharing Centre” lalu tekan “Change Adapter Setting”.
  • Menu ini akan membuka jendela baru berupa Network Connection. Disini, carilah pilihan “Wireless Connection” dan klik kanan pada tulisan tersebut. Pada menu klik kanan temukan “Properties” dan tekan.
  • Properties akan mengantarkan pengguna pada laman Local Area Connection Properties. Pengguna akan menemukan tulisan “Internet Protocol Version 4” dan tekan 2 kali tepat di tulisannya.
  • Setelah muncul jendela baru, terdapat pilihan bullets yang masing-masing berisi dua buah. Isikan pada masing-masing bullets yang pertama hingga ada 2 yang berisi. Setelah selesai tekan “OK”.
  • Tunggulah selama satu menit dan periksa area notifikasi. Jika tanda warning menghilang, artinya internet sudah bisa dikoneksikan kembali.

2. Lakukan Install Ulang pada Driver

Masih juga mengalami kendala internet, pengguna bisa menginstall ulang driver laptopnya. Caranya tentu sangat mudah untuk dilakukan. Pertama-tama masuk ke dalam File Explorer, lalu:

  • Klik kanan pada “This PC” dan temukan pilihan “Manage”.
  • Setelah muncul kotak box baru, tekan pada “Device Manager” lalu cari “Network Adapters” dan tekan tanda panah ke bawah.
  • Akan muncul sederet adapter wifi yang pernah terkoneksi. Klik kanan pada adapter yang digunakan dan tekan “Uninstall”.
  • Selanjutnya, pada kotak box Device Manager klik kanan pada “Action” dan pilih “Scan Hardware Changes” dan tunggu sampai proses pendeteksian berhasil.
  • Cobalah akses internet dengan membuka situs pada browser.

Itulah penyebab dan cara mengembalikan koneksi internet yang bisa dicoba. Pastikan melakukan langkah yang sesuai dengan penyebab laptop tidak bisa koneksi wifi. Oleh karena itu, sebelum mengeksekusi cara ini, temukan penyebabnya terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *