Inilah Cara Menghubungkan Layar HP ke Laptop dengan Mudah dan Cepat

Inilah Cara Menghubungkan Layar HP ke Laptop dengan Mudah dan Cepat

Pengguna yang kurang puas dengan ukuran layar HP yang kecil untuk menonton, ada cara menghubungkan layar HP ke laptop yang bisa dicoba. Layar HP yang kecil terkadang tidak cukup nyaman untuk dipakai menonton video atau melakukan pekerjaan. Apalagi ketika pengguna perlu melakukan presentasi dan harus menampilkan bahannya pada laptop.

Tanpa perlu mengirim data ke laptop terlebih dahulu, pengguna tetap bisa menampilkan tampilan yang ada pada HPnya di laptop. Dengan menggunakan bantuan aplikasi tambahan atau konfigurasi pada kedua perangkat yang akan dihubungkan. Tidak banyak yang mengetahui trik yang sangat membantu ini. Berikut langkah yang dapat dilakukan:

Menggunakan Bantuan Software Connect yang Sudah Tersedia

Untuk menghubungkan layar HP ke laptop, cara yang pertama ini tidak memerlukan bantuan aplikasi tambahan. Pengguna perlu menyambungkan kedua perangkat elektronik ini (HP dan laptop) pada satu wifi yang sama. Setelah sukses tersambung ke wifi maka langkah berikutnya adalah:

  • Pada layar laptop, tekan tulisan “Start” dan ketikkan “Connect”.
  • Ketika muncul, klik menu tersebut untuk menuju ke software
  • Akan ada tulisan “…..is ready for you to connect wirelessly” jika pada saat itu software sudah bisa langsung digunakan.
  • Setelah menemukan tulisan tersebut, silahkan beralih ke pengaturan di ponsel dimana pengguna harus mengaktifkan fitur “Screen Mirroring”. Bagi pengguna Samsung dan iPhone, fitur ini dapat ditemukan pada menu “Control Center”. Apabila pengguna menggunakan perangkat selain dua merek tadi, fitur ini ada pada menu “Setting” dalam pilihan “Wireless Display”. Disana pengguna akan ditujukan pada tulisan “Smart View”. Klik tulisan tersebut.
  • Setelah melakukan konfigurasi pada laptop dan HP seperti yang tertera di atas, pengguna hanya tinggal menunggu dan tampilan layar HP sudah muncul di laptop.
Baca Juga  Tidak Perlu Ribet, Begini Cara Cek Password WiFi di HP Andorid

Manfaatkan Fitur yang Ada Pada Aplikasi Vysor

Apabila langkah pertama gagal dilakukan atau tidak tersedia wifi, pengguna bisa mengikuti cara menghubungkan layar HP ke laptop yang kedua ini. Pengguna perlu mengunduh aplikasi baru yang bernama Vysor. Tanpa membutuhkan koneksi wifi, Vysor membantu pengguna menampilkan layar HP di laptop dengan bantuan kabel USB. Langkah yang diperlukan adalah:

  • Pastikan HP dalam mode USB Debugging untuk dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Fitur USB Debugging ini ada pada menu “Developer Mode”. Yang harus dilakukan adalah masuk ke menu “Setting” dan temukan “Build Number”.
  • Pengguna perlu menekan Build Number hingga tujuh kali agar bisa masuk ke Developer Mode tersebut.
  • Jika sudah berhasil masuk ke Developer Mode, silakan mengaktifkan “USB Debugging”.
  • Buka aplikasi Vysor yang sudah diunduh di ponsel.
  • Sekarang barulah pengguna bisa beralih ke pengaturan pada laptop. Buka Chrome dan pasang extension Vysor di dalamnya.
  • Ketika kedua perangkat in sudah memiliki Vysor, langkah berikutnya pengguna harus menghubungkan kabel USB pada laptop dan HP.
  • Sebelumnya karena hp sudah diatur pada mode USB Debugging, jadi setelah menyambungkan kabel USB tampilan laptop sudah beralih ke layar.

Bukan hanya membuka file atau film yang ada dalam laptop saja, Vysor bisa serta merta menghapus dan melakukan setting pada HP melalui laptop. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna  benar-benar seperti menggunakan android pada layar yang lebih lebar. Untuk memanfaatkan setiap fiturnya, pengguna perlu meningkatkan Vysor ke versi berbayar.

Dua cara menghubungkan layar HP ke laptop ini bisa menjadi pilihan bagi pengguna. Baik itu memakai software bawaan atau aplikasi tambahan, pengguna bisa memilih menggunakan yang paling nyaman. Kedua cara tersebut sama-sama membantu pengguna menampilkan layar HP yang kecil ke layar yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *